Pendahuluan

UNIX saat ini merupakan sistem operasi standard di dunia untuk workstation dan minikomputer serta PC. Banyak produk-produk sistem operasi yang didasarkan pada standarisasi UNIX beredar dipasar, baik yang bersifat komersial (dengan copyright) ataupun yang bersifat free open source (dengan copyleft atau GPL). Mesin-mesin besar, seperti HP-UX, SPARC, Alpha sejak pertama memang telah memiliki sistem operasi sendiri. Namun dengan maraknya distribusi PC, maka sekarang banyak pula distribusi UNIX yang dapat dijalankan pada PC (atau dikenal dengan i386/i586 dsb). Contoh produk yang dapat digunakan untuk mesin PC adalah SunSolaris 7 for i386, Linux dan keluarga, BSD dan keluarga, SCO Free Unix.

Sejak awal dikembangkan, UNIX memang dibangun untuk menjadi basis sistem perangkat lunak yang berbasis pada jaringan. Seperti halnya sistem operasi yang lainnya, UNIXpun memiliki suatu bagian inti yang disebut sebagai kernel. Inilah kekuatan UNIX, yaitu pada kernel. Kemampuan untuk memberikan layanan multitasking dan multithreading sangat membantu dan membuat UNIX sebagai sebuah sistem operasi yang handal dan capable. Tidak hanya kernel, dukungan pada tingkatan di atasnya, yaitu shell dan program-program utiliti lain yang mencapai ribuan, semakin menjadikan UNIX sebagai suatu sistem operasi yang benar-benar memberikan banyak layanan.

Dengan kemampuan lebih yang dimiliki keluarga UNIX, tidak ada salahnya jika kita juga mengenal lebih jauh tentang UNIX ini. Sayangnya buku tentang hal ini masih sedikit di Indonesia, padahal untuk tiap hari jumlah populasi pemakai UNIX semakin meningkat dan dibutuhkan, terutama untuk membangun suatu server, baik untuk kepentingan dalam ataupun Internet. Untuk itulah buku ini dihadirkan sebagai salah satu bentuk sumbangan bagi anak negeri yang ingin belajar lebih jauh tentang UNIX, sehingga pada saatnya nanti Indonesia memiliki sumber daya manusia yang telah siap untuk bermain disektor industri perangkat lunak.

Tentang Buku ini
Buku ini diberi judul Pemrograman Script pada Unix/Linux, yang mencakup konsep UNIX secara umum, perintah-perintah Shell standard yang dapat digunakan pada semua UNIX dan variannya, pemrograman shell, yaitu BASH dan CSHELL, serta diakhiri dengan pemrograman PERL, termasuk pemrograman CGI dan database DBI dan DBD:mysql.
Buku ini tidak secara khusus membahas tentang cara pemakaian UNIX dan perintah-perintahnya. Ada suatu tujuan yang ingin disampaikan melalui buku ini, yaitu pengenalan tentang pemrograman di lingkungan UNIX.

Untuk dapat lebih mudah diikuti, pembahasan pada buku ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu
Bagian I : Konsep UNIX
Bagian ini perlu disampaikan oleh karena ada banyak hal yang perlu diketahui bersama tentang konsep, idealisme serta ide yang ingin disampaikan melalui UNIX ini. Banyak teknologi yang dapat dipelajari di sini. Bagian ini akan didahului dengan BAB 1, Sistem Operasi UNIX dan variannya, yang menguraikan segala sesuatunya secara dasar tentang UNIX itu sendiri. BAB 2, Berkenalan dengan Kernel Unix/Linux, berisi suatu uraian teknis yang perlu diketahui pula tentang sifat-sifat dan perlakuan dari inti sistem operasi UNIX, yaitu kernel.

Bagian II : Perintah-perintah pada Unix/Linux
Buku ini tidak meninggalkan bagi Anda yang masih menjadi pemain baru atau yang ingin masuk ke dunia UNIX, karena dengan uraian BAB 3, Menggunakan Shell dan Perintah UNIX/Linux, setidaknya dapat memberikan penjelasan dan contoh perintah-perintah UNIX yang dapat langsung dicoba sendiri. Bagian ini diakhiri dengan suatu bab khusus, BAB 4 Pengolah Kata dan Pemrosesan Teks yang membahas 2 buah text editor yang nantinya digunakan untuk bab-bab berikutnya serta beberapa perintah penting untuk pengolahan teks, seperti grep, sed dan awk. Ketiga perintah ini dibahas secara tepat dan mudah dimengerti.

Bagian III : Pemrograman Shell Script
Melanjutkan bagian I dan II sebelumnya, bagian III ini disajikan sebagai salah satu bentuk pemrograman yang dapat dilakukan di lingkungan UNIX, yaitu pemrograman dengan menggunakan antar muka Shell yang telah disediakan. Shell yang akan digunakan sebagai bahan pemrograman di sini adalah BASH shell dan C Shell, dengan alasan bahwa kedua shell inilah yang paling banyak digunakan dilingkungan UNIX saat ini. Bagian III dibagi menjadi 2 bab, yaitu BAB 5 Pemrograman Bourne Shell dan BAB 6 Pemrograman C Shell. Pada tiap bab, pembahasan mencakup 4 elemen dasar pemrograman, yaitu struktur program, variabel dan tipe data, perintah masukan dan keluaran, dan perintah seleksi dan perulangan.
Untuk lebih memudahkan pembelajaran, pada tiap bab tersebut disajikan beberapa contoh program serta soal latihan yang dapat dicoba sendiri. Untuk pemrograman Bash Shell, dibahas juga bagaimana memprogram antarmuka pemakai dengan menggunakan perintah dialog.

Bagian IV Pemrograman Perl
Salah satu bahasa script yang paling banyak dikenal adalah Perl. Implementasi perl saat ini sudah sangat luas, oleh karena kemudahan dan kemampuannya. Buku ini juga ingin menawarkan kepada pembaca untuk juga dapat belajar tentang Perl dan pada akhirnya nanti dapat menerapkannya. Oleh karena begitu luasnya implementasi Perl, maka dalam pembahasan buku ini akan dibahas tentang pemrograman dasar Perl yang mencakup :
BAB 7 Dasar–dasar Pemrograman Perl, BAB 8 Pemanfaatan Pencocokan Pola Teks, dan BAB 9 Pemrograman Database dan CGI dengan Perl. Diharapkan dengan selesainya mempelajari bagian III ini, paling tidak pembaca mengenal tentang perl dan contoh implementasinya, yaitu CGI yang dapat digunakan untuk pemrograman di lingkungan Internet.

Siapa yang membutuhkan buku ini?
Buku ini berusaha ditulis untuk dapat mencakup semua kalangan pembaca yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pemrograman maupun yang baru akan memulai. Untuk itu memang dalam pembahasan buku ini, walaupun tidak mencakup semua hal, namun juga dapat memberikan suatu pola pengenalan tentang UNIX secara umum, perintah-perintah dasar yang banyak digunakan di UNIX (ini sangat cocok untuk pemula di lingkungan UNIX) dan bentuk alternatif pemrograman di UNIX yaitu pemrograman script.

Mengapa Pemrograman Script?
Alasan utamanya adalah pemrograman script lebih mudah untuk dilakukan bagi para pemula ataupun yang telah lanjut dibidangnya. Bentuk statemen dan struktur yang ditawarkan oleh suatu script lebih sederhana dan mudah untuk dipelajari. Hal lainnya adalah pemrograman script tidak perlu untuk dilakukan kompilasi, ini akan memudahkan pemrogram untuk membuat suatu program kecil-kecil yang bermanfaat. Selain itu pemrograman script dapat untuk melatih para junior programmer untuk mempersiapkan dirinya ke jenjang yang lebih tinggi.
Dengan pemrograman script, kita dapat menghasilkan suatu aplikasi bisnis pula, seperti apa yang diuraikan pada bab akhir dari buku ini, yaitu pemrograman CGI. CGI (Common Gateway Interface) adalah bentuk pemrograman yang dapat diimplementasikan pada web server untuk menghasilkan suatu aplikasi bisnis di internet yang dinamis. Sudah saatnya untuk melirik lebih jauh dunia UNIX yang semakin bertumbuh sejak 27 tahun yang lalu.

7 thoughts on “Pendahuluan

  1. Dimana saya bisa membeli buku ini mas? karena saya sangat berminat mempelajari script di unix.. saya benar2 newbie di dunia programming unix.. pakai unix, tapi yang GUI terus.. hehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s