Pemrograman Script pada Unix/Linux

Pemrograman Script pada Unix/LinuxUNIX saat ini merupakan sistem operasi standard di dunia untuk workstation dan minikomputer serta PC. Banyak produk-produk sistem operasi yang didasarkan pada standarisasi UNIX beredar dipasar, baik yang bersifat komersial (dengan copyright) ataupun yang bersifat free open source (dengan copyleft atau GPL). Mesin-mesin besar, seperti HP-UX, SPARC, Alpha sejak pertama memang telah memiliki sistem operasi sendiri. Namun dengan maraknya distribusi PC, maka sekarang banyak pula distribusi UNIX yang dapat dijalankan pada PC (atau dikenal dengan i386/i586 dsb). Contoh produk yang dapat digunakan untuk mesin PC adalah SunSolaris 7 for i386, Linux dan keluarga, BSD dan keluarga, SCO Free Unix.
Buku ini diberi judul UNIX dan Pemrograman Script, yang mencakup konsep UNIX secara umum, perintah-perintah Shell standard yang dapat digunakan pada semua UNIX dan variannya, pemrograman shell, yaitu BASH dan CSHELL, serta diakhiri dengan pemrograman PERL.
Buku ini tidak secara khusus membahas tentang cara pemakaian UNIX dan perintah-perintahnya. Ada suatu tujuan yang ingin disampaikan melalui buku ini, yaitu pengenalan tentang pemrograman di lingkungan UNIX. Bagi Anda yang tertarik belajar UNIX (baik UNIX SystemV ataupun Linux) dapat menggunakan buku ini untuk tutorial ataupun referensi.

2 thoughts on “Pemrograman Script pada Unix/Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s