Pokok Pembahasan

Bab 1 Perancangan Sistem
Berisi uraian permahasalah yang akan digunakan sebagai studi kasus dalam buku ini. Kasus yang digunakan adalah kasus akuntansi keuangan sederhana, yaitu akuntansi keuangan pada Salon “ADUHAI”, yang didefinisikan terdapat beberapa rekening akuntansi sederhana.
Dari permasalahan tersebut, diuraiakan rancangan tabel yang akan digunakan, sekaligus gambaran rancangan alur proses yang akan diterapkan.
Pada bab ini, juga diuraikan alasan-alasan menggunakan MS Access dan keunggulannya.

Bab 2 Pembuatan Tabel
Dari hasil design tabel yang diuraikan pada bab 1, akan dibuat tabel data sesungguhnya pada MS Access. Pembuatan tabel dan juga relasinya dijelaskan dalam bentuk tutorial langkah demi langkah.

Bab 3 Pembuatan Form Setup Saldo Awal
Pada bab ini akan diuraikan langkah demi langkah pembuatan form setup saldo awal. Dan pada bab 3 ini sudah dimulai pembahasan tentang pemrograman Visual Basic for Application pada MS Access untuk menunjang otomatisasi update data ke tabel untuk saldo awal rekening.

Bab 4 Pembuatan Form Jurnal Umum
Serupa dengan bab 3, pada bab 4 ini akan dijelaskan pembuatan form model master – slave, dimana akan digunakan form dan subform untuk menunjang pengisian jurnal umum. Semua transaksi akuntansi akan dientrykan melalui jurnal umum ini, karena pembahasan pada buku ini tidak memasukkan jurnal khusus, karena akan memakan waktu yang lebih lama.

Bab 5 Laporan Register Jurnal Umum
Pada bab ini akan dijelaskan langkah demi langkah pembuatan report dengan MS Access.

Bab 6 Modul Posting
bab 6 ini sebagian besar akan memberikan pelajaran tentang bagaimana memprogram dengan VBA untuk melakukan proses posting terhadap jurnal yang sudah dientrikan dan dimasukkan pada buku besar.

Bab 7 Laporan Neraca Percobaan
Setelah proses posting, akan diuraikan bagaimana membuat sebuah laporan neraca percobaan sederhana dengan menggunakan Report.

Bab 8 Laporan Rugi/Laba

Bab 9 Laporan Buku Besar

Bab 10 Laporan Neraca Saldo

Untuk bab 8, 9 dan 10, semuanya hampir sama dengan bab 7, hanya saja laporan-laporan ini membutuhkan sentuhan sedikit pemrograman VBA di dalam report.

Bab 11 Tutup Buku
Proses tutup buku akan menggunakan pemrograman VBA.

Sebagian besar penjelasan pada buku ini adalah menjelaskan bagaimana memprogram dengan VBA (Visual Basic for Application) pada MS Access untuk menunjang otomatisasi. Target pasar, menurut penulis akan cukup besar, mengingat buku ini nantinya dapat digunakan untuk praktikum pemrograman maupun percobaan akuntansi keuangan sederhana pada beberapa sekolah akuntansi, DIII ataupun S1. Tidak menutup kemungkinan juga pembaca lain yang tertarik, baik pada contoh aplikasi akuntansi, ataupun bagaimana memprogram VBA pada MS Access. Menurut penulis, pembaca tingkat pemula untuk MS Accesspun akan dapat mengikuti, karena pembahasan pada buku ini diberikan pada tingkat dasar sampai menengah.

3 thoughts on “Pokok Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s