Kata Pengantar

Saat ini sudah banyak buku tentang aplikasi dan sebagian besar adalah membahas tentang bagaimana menggunakannya. Sering dengan model buku seperti ini pemakai yang ingin belajar dari dasar merasa kesulitan ketika akan mencoba menerapkan pada suatu masalah yang sesungguhnya. Terutama tentang aplikasi Microsoft Access. Buku ini adalah salah satu judul dari beberapa judul yang sudah ada yang membahas tentang bagaimana membuat sebuah Aplikasi dengan Microsoft Access.
Sebagai sebuah program database yang sudah cukup lama bermain di pasar database desktop, Microsoft Access dapat dikatakan memiliki banyak sekali keunggulan. Sebagai database desktop, tentu saja Microsoft Access akan lebih banyak digunakan di lingkungan dengan kebutuhan data yang tidak terlalu besar, ada yang mengatakan jika data di tempat Anda melebihi 1 juta record tiap tabelnya, janganlah menggunakan Microsoft Access. Apapun penilaiannya terhadap produk ini, setidaknya produk ini dapat digunakan sebagai suatu alat belajar tentang suatu database yang betul-betul menerapkan teknologi database terbaru dan menerapkan model Entity-Relational Database yang baik.
Selain kita dapat membuat dan menyimpan berbagai objek database, antara lain Table, Query, Form, Report, Macro, Pages, dan Module, pada Microsoft Access disediakan pula suatu bahasa “standard” di lingkungan produk Microsoft, yaitu VBA (Visual Basic for Application). Tentang VBA saat ini sudah banyak yang menggunakannya untuk memberikan fasilitas kepada pemakai untuk melakukan otomatisasi proses dalam aplikasi yang tersedia.
Dengan VBA Anda akan dapat lebih menerapkan suatu aplikasi yang lebih baik.
Melihat begitu banyaknya fasilitas dan kemampuan yang disediakan oleh Microsoft Access sebagai sebuah database yang patut untuk dipelajari, maka pada kesempatan ini penulis berusaha untuk menguraikan suatu teknik pemrograman VBA dan teknik bagaimana membangun aplikasi dengan Microsoft Access.
Studi kasus yang penulis coba angkat adalah Sistem Akuntansi Sederhana yang tentu saja hanya melibatkan beberapa rekening dan transaksi akuntansi yang sederhana pula. Mengapa penulis mengangkat kasus ini? Pada sistem akuntansi harus ada suatu proses yang membutuhkan adanya pemrograman untuk dapat menyediakan otomatisasi di dalam sistem akuntansi, seperti proses Posting, Setup Saldo, Laporan Keuangan dan Jurnal Penutup.
Dalam pembahasannya, penulis tidak dapat sendirian, karena penulis sangat membutuhkan masukan dan saran tentang sistem akuntansi digunakan dalam pembahasan buku ini.
Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada bu Cicik yang bersedia membantu penulis dalam memberikan uraiannya tentang alur akuntansi. Kiranya buku ini dapat membantu anak didiknya dalam belajar membuat aplikasi akuntansi yang sederhana. Juga kepada teman-teman yang terus mendorong selesainya buku ini. Terima kasih.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Othie yang berkenan mendukung dan menyediakan segala kebutuhan penulis selama menyelesaikan buku ini. Tak ketinggalan juga kepada Elexmedia yang berkenan menerbitkan buku ini. Penulis ucapkan banyak terima kasih.
Akhirnya, kepada para pembaca yang budiman, penulis haturkan beribu-ribu terima kasih. Semoga buku ini bermanfaat.

Kota Gudeg, Akhir Juli 2003

Budi Susanto dan Andreas Hartono
Penulis

One thought on “Kata Pengantar

  1. Thx’s atas informasinya,sy sebenarnya ingin mengerti lebih banyak tantang apa itu Microsoft access, Dan kalau bisa sy ingin belajar lebih banyak lagi…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s