Google Now Launcher di Android 6 kuras bateri?


Di awal oktober 2015 lalu, piranti telepon Nexus 5 saya mendapat update Android 6 (Marshmallow). Secara awan, tidak ada perbedaan mencolok untuk tampilan. Namun jika dilihat pada Settings, saya mendapati beberapa menu baru, seperti sudah diulas di androidpit.com, android geeks, dan banyak lainnya. Saya tidak akan mengungkapkan ulang tentang kapasitas dan fasilitas baru dengan adanya Android 6 tersebut.

Setting Android 6

Pengalaman awal menggunakan Android 6 ini adalah bateri perangkat saya cepat sekali habis. Sudah saya lakukan beberapa cara untuk mencoba menghemat bateri. Padahal, di Android 6 ada kemampuan penghematan bateri “pintar” yang disebut dengan Doze. Beberapa cara yang pernah saya lakukan adalah berpindah ke koneksi WiFi (jika ada) dan mematikan koneksi data 3G, mematikan background process, mengaktifkan aplikasi  yang penting, hanya install Facebook Lite, mengurangi item-item sinkronisasi otomatis. Namun semua usaha tersebut seperti sia-sia. Bateri tetap cepat terkuras. Apakah karena ada whatsapp, line, twitter?

Kemudian saya coba cara lain, yaitu memasang Nova launcher, untuk menggantikan Google Now launcher. Cara ini ternyata membuat bateri saya menjadi cukup efisien. Sehingga muncul pertanyaan saya apakah karena memang Google Now launcher tidak “sehat” untuk dijalankan bersama Android 6 di Nexus 5? Mungkin saja. Dan pada akhirnya, sampai saat ini saya cukup menggunakan Nova launcher.

Nova launcher on Android 6