Representasi Pengetahun pada Semantic Web


Sebuah dokumen web banyak mengandung informasi yang semestinya dapat dikenali oleh komputer untuk dapat diolah lebih lanjut. Informasi dapat berupa sebuah fakta yang menguraikan objek ataupun konsep, dan mungkin juga mungkin saja berisi relasi antara konsep dan objek atau relasi antar objek. Sebagai contoh, terdapat sebuah kalimat dalam dokumen web sebagai berikut “Alamat email dari Hiu Putih adalah hiuputih@hiu.com“. Kalimat tersebut mendeskripsikan sebuah email dari objek Hiu Putih, yang dapat diwujudkan dengan sebuah directed graph, sebagai berikut:

graf_1

Untuk mempresentasikan kalimat tersebut agar lebih mudah dipahami oleh komputer, secara umum dituliskan dengan menggunakan format XML. Berikut adalah contoh XML untuk deskripsi objek Hiu Putih di atas:

<person name="Hiu Putih">
<email>hiuputih@hiu.com</email>
</person>

Hanya saja yang perlu diingat bahwa struktur dokumen XML yang kita definisikan sendiri belum tentu dapat dipahami atau diterjemahkan oleh proses komputasi lainnya. Terkait hal ini, maka diperlukan suatu standarisasi format yang dapat digunakan untuk mempresentasikan pengetahuan. Untuk itulah distandarisasi format RDF untuk menjawab kebutuhan tersebut. Terkait dengan Semantic Web, representasi pengetahuan memiliki tiga level struktur representasi, yaitu : Level 1 digunakan XML dan XMLSchema yang menyatakan tentang objek informasi, Level 2 mempresentasikan pengetahuan tentang objek yang menggunakan format RDF sebagai instansiasi objek dari model pengetahuan yang ditulis dalam format RDF Schema, terakhir yang paling atas adalah Level 3 menyatakan sebuah representasi pengetahuan yang lebih komplek yaitu menggunakan OWL dan Rules. Terkait dengan ketiga level ini, saya berencana untuk membahas RDF mulai minggu depan.