Form Master Detail di Oracle APEX


Kali ini kita akan membuat sebuah form master detail yang akan diterapkan untuk tabel MJURNAL dan DJURNAL yang telah kita buat sebelumnya. Mengapa master detail, karena relasi antara MJURNAL dan DJURNAL adalah relasi induk dan anak, dimana satu data MJURNAL dapat memiliki banyak data DJURNAL.

Pembuatan form master detail dengan APEX tidaklah sulit karena telah disediakan fasilitas pembuatan dalam bentuk tahapan (wizard) yang sangat membantu siapa saja. Sebagai persiapan, kita harus membuat dua buah objek SEQUENCE yang akan digunakan untuk mengisi ID pada tabel MJURNAL dan ID pada DJURNAL. Berikut langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk pembuatan objek SEQUENCE di Oracle XE 11g :

  1. Klik menu utama [SQL Workshop], dan klik icon [Object Browser]
  2. Pada halaman Object Browser, klik tombol [Create ] dan pilih item [Sequence].
  3. masukkan MJURNAL_SEQ untuk item Sequence Name, lalu klik tombol [Next].
  4. Akan dimunculkan perintah SQL untuk pembuatan objek Sequence baru, silahkan klik tombol [Create].
    create sequence "MJURNAL_SEQ"
    start with 1
    increment by 1
    nocache
    nocycle
    noorder
    / 
  5. Ulangi langkah di atas untuk pembuatan objek sequence kedua yang bernama DJURNAL_SEQ.

Untuk membuat form master detail, berikut langkah-langkah yang dapat dicoba:

  1. Masuklah pada Application Builder, dan klik tautan nama aplikasi yang sebelumnya telah dibuat, yaitu “Keuangan Sederhana”.
  2. Dari halaman tampilan daftar form yang sudah terbuat, klik tombol [Create Page>] di kanan atas, dan pilih item Form dan klik Next.
  3. Pilih item [Master Detail Form], dan klik tombol Next.MasterDetail1
  4. Pada tahapan Define Master Table, silahkan pilih tabel MJURNAL untuk item Table/View Name, dan pilih semua atribut yang ada, lalu klik tombol [Next].MasterDetail2
  5. Serupa dengan langkah 4, sekarang kita diminta untuk memilih tabel Detail. Oleh karena secara default pilhan Show Only Related Table adalah Yes, maka daftar tabel Detail akan muncul hanya DJURNAL yang memiliki relasi foreign key dengan tabel MJURNAL. Pilih semua atribut dari tabel DJURNAL, lalu klik tombol [Next].MasterDetail3
  6. Dua langkah berikutnya adalah mendefinisikan sumber nilai untuk atribut Primary Key, baik untuk tabel MJURNAL maupun DJURNAL. Seperti yang sudah kita definisikan, bahwa baik MJURNAL maupun DJURNAL memiliki satu buah atribut primary key, yaitu ID, yang seyogyanya akan kita isi dengan sequence. Pada tabel Master, pilih item [Existing Sequence] dan pilih objek MJURNAL_SEQ sebagai pengisinya. Klik tombol [Next] untuk melanjutkan.
  7. Serupa dengan langkah 6, pilih objek DJURNAL_SEQ untuk mengisi primary key terhadap tabel DJURNAL.MasterDetail4
  8. Tahapan berikutnya, kita dapat mendefinisikan atribut mana yang akan dijadikan sebagai urutan navigasi tampilan data. Secara default akan digunakan atribut primary key. Selain itu, pada langkah ini juga dimungkinkan kita untuk dibuatkan sebuah halaman Report daftar MJURNAL. Klik tombol [Next] untuk menerim semua nilai default yang ada.
  9. Pilih layout default, yaitu akan menampilkan detil dalam satu halaman dengan master. Klik tombol [Next].
  10. Tahapan berikutnya adalah menentukan label terhadap Judul dan Breadscrumb. Isikan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, setelah itu klik tombol [Next].MasterDetail5
  11. Tahapan selanjutnya adalah menentukan Tabset. Pilih item kedua [Use an existing tab set and create a new tab within the existing tab set.] dan isilah dengan Jurnal untuk item New Tab Label. Klik tombol [Next].
  12. Tahapan selesai, klik tombol [Create] untuk mengakhiri. Selanjutnya kita dapat menjalankannya dengan cara klik tombol [Run Page].

MasterDetail6MasterDetail7Sebagai latihan, cobalah ubah tampilan input untuk atribut KODEREK_K dan KODEREK_D agar menjadi Select List yang memanfaatkan LOV sehingga pada akhirnya tampilan isian untuk Detil Jurnal akan menjadi sebagai di bawah ini.

Screenshot_5_20_13_8_25_PMSelamat mencoba.