Bersolek di depan layar ponsel


Beberapa kali ketika saya berjalan melintasi sekumpulan anak-anak muda (terutama perempuan) , ada suatu keadaan yang menurut saya perlu untuk saya ungkapkan di sini. Keadaan yang saya nilai mulai sering saya lihat adalah memanfaatkan layar ponsel sebagai cermin. Terkadang lucu, namun juga keadaan inilah yang mungkin seharusnya terjadi😀. Layar ponsel pintar, tablet, atau fonblet yang sudah menggunakan layar jenis Gorilla Glass (dari Corning Inc.) atau Dragontrail (dari Asahi Glass Co.) memang bak seperti sebuah cermin ketika layar dalam keadaan off. Jika kurang jelas, front camera pada perangkat-perangkat tersebut dapat difungsikan juga sebagai cermin.

Bagi pemakai Android, mungkin dapat mencoba mengetikkan kata mirror pada aplikasi Google Play. Di sana sudah terdapat setidaknya 20-an atua lebih aplikasi yang memberikan fungsi cermin pada perangkat Android. Belum lagi jika pengguna iOS mencari di iTunes App Store. Bagi saya ini menarik.😀

Menurut saya menarik fenomena ini. Bagi saya kondisi ini memberi arti bahwa peran dari perangkat-perangkat tersebut seperti sudah lebih menyatu dengan kegiatan keseharian seseorang. Kembali pada artikel yang pernah saya tulis, pemanfaatan sebuah teknologi sangatlah bergantung pada sikap penggunanya. Terhadap judul yang saya tulis, asal jangan dijadikan alasan untuk membeli sebuah perangkat berspesifikasi tinggi hanya untuk dapat bercermin di mana saja dan kapanpun.

Cheers…