Mengenal Microdata


Microdata merupakah sebuah mekanisme anotasi berupa pasangan variabel dan nilai yang diberikan pada sebuah dokumen HTML. Anotasi yang diberikan dapat menambahkan arti dari data yang tertuang dalam sebuah dokumen HTML. Microdata sendiri sebenarnya dikembangkan oleh komunitas WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group), selain telah mengusulkan format HTML5. Dalam perkembangannya, format HTML5 kemudian diadopsi oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk dikembangkan sebagai sebuah standar format HTML yang baru. Di dalam format HTML5 tersebut, WHATWG mengusung Microdata yang kemudian juga masuk dalam working group W3C untuk distandarisasikan.

Dengan adanya Microdata yang ditambahkan dalam dokumen HTML5 atau XHTML5 tentunya akan lebih memungkinkan bagi aplikasi untuk memahami data apa yang terkandung dalam sebuah dokumen HTML5. Keuntungan ini dimanfaatkan oleh mesin pencari, web crawler, atau bahkan web browser untuk dapat memperkaya informasi dan user experience yang ditampilkan bagi pemakai. Google telah memanfaatkan Microdata dalam sistem pencariannya. Untuk browser, sampai saat ini masih Opera dan Firefox yang mendukung Microdata parser, sedangkan untuk Google Chrome masih belum mendukung (setidaknya sampai versi yang saya gunakan, yaitu 27.0.1453 Nightly for Mac OS X). Jika ingin cek kemampuan dukungan terhadap HTML5 dari sebuah web browser, kita dapat mengunjungi situs html5test.com dari browser yang ingin kita uji.

html5test

Jika Anda menggunakan Firefox, terdapat sebuah Add-on bernama operator yang dapat memparsing microdata dari sebuah situs web yang sedang kita kunjungi. Sebagai contoh setelah terpasang Add-on operator, cobalah kunjungi halaman public profile LinkedIn.com Anda, maka secara otomatis operator akan menampilkan item data yang terkandung dalam laman tersebut.

Screenshot_5_8_13_10_22_PM

Untuk pemanfaatan Microdata oleh mesin pencari, Google dapat dikata merupakan mesin pencari paling dominan yang memanfaatkannya. Ketika sebuah halaman web mengandung Microdata dengan dictionary property yang mengikuti daftar properti dari schema.org (sebelumnya http://data-vocabulary.org), secara otomatis web crawler Google akan mengambil properti dan nilainya untuk dimasukkan dalam index dan juga dimanfaatkan untuk informasi yang ditampilkan sebagai hasil dari pencarian. Google menamakan fungsi dan fasilitas ini sebagai Google Rich Snippets. Selain Microdata, Google Rich Snippets juga mendukung Microformat dan RDFa. Jika ingin mengetahuinya, Google juga menyediakan sebuah alat bantu untuk mengetahui microdata yang terkandung pada sebuah halaman web.

Google Structured Data Testing Tool 2013-05-08 21-45-50

Google Rich Snippets mendukung beberapa kamus property yang tersedia di schema.org, antara lain: Reviews, People, Products, Businesses and organizations, Recipes, Events, Music. Sampai saat ini sudah tersedia spesifikasi properti untuk berbagai macam Class yang dapat dilihat pada struktur taksonomi class schema.org. Namun jika ternyata kita ingin mendeskripsikan struktur data yang belum ada pada kamus property di schema.org, kita masih dapat mendeskripsikannya sendiri dengan mengikuti format sebagai berikut :

  • setiap item data harus dibungkus dengan atribut itemscope,
  • sebuah itemscope dapat didefinisikan namespace dengan atribut itemtype,
  • sebuah itemscope juga dapat didefinisikan URI sebagai ID item datanya dengan atribut itemid,
  • selanjutnya untuk mendeskripsikan setiap properti data item, gunakan atribut itemprop.

Sebagai contoh misalnya kita ingin mendeskripsikan data tentang Kendaraan dalam dokumen HTML5 kita, maka contoh berikut dapat menunjukkan sebuah item data mobil bernomor polisi AB9999XE dengan merk Toyota untuk tipe produk Yaris berwarna hitam yang dibuat tahun 2008 dengan harga 210 juta rupiah misalnya.

<div itemscope itemtype="https://budsus.wordpress.com/kendaraan">
<p><span><strong>Nomor Polisi Mobil:</strong></span><span itemprop="nopol">AB9999XE</span></p>
<p><span><strong>Merk:</strong></span><span itemprop="merk">Toyota</span></p>
<p><span><strong>Tipe produk:</strong></span><span itemprop="tipeproduk">Yaris</span></p>
<p><span><strong>Warna Mobil:</strong></span><span itemprop="warna">Hitam</span></p>
<p><span><strong>Tahun Produksi:</strong></span><span itemprop="tahun">2008</span></p>
<p><span><strong>Harga:</strong></span><span itemprop="harga">210000000</span></p>
</div>