Cara Sinkronisasi Kontak di Smartphone


Salah satu fungsi yang pasti digunakan setiap pemakai perangkat mobile adalah mengelola data kontak teman-teman atau orang yang kita kenal. Hampir dapat dipastikan pada setiap perangkat mobile yang kita miliki pastinya tersimpan data kontak yang juga dapat berbeda-beda. Dan secara default, setiap sistem operasi pada perangkat smartphone menyediakan layanan sinkronisasi untuk data-data kontak, calendar, task, note, dan sebagainya. Sebagai contoh seluruh data kontak di Android akan disinkronisasikan dengan layanan Google Contact, untuk semua perangkat iDevice berbasis iOS, secara default seluruh data kontak akan disinkronisasikan dengan layanan iCloud. Demikian juga WindowsPhone 7/8 secara default akan tersinkronisasi dengan layanan Outlook online. Blackberry OS juga menyediakan sinkronisasi kontak ke layanan BlackBerry Internet Service. Artinya, jika kamu memiliki keempat perangkat mobile dengan sistem operasi berbeda tersebut, maka secara default kamu juga memiliki empat database kontak yang berbeda-beda. Cukup merepotkan ketika suatu saat kamu membutuhkan mencari kontak seseorang di empat tempat yang berbeda.

Solusi yang paling umum dilakukan adalah menggabungkan seluruh data kontak pada satu tempat saja. Salah satu tempat penyimpanan kontak untuk semua jenis perangkat, antara lain: Google, Yahoo!, atau Outlook.com. Masih ada beberapa layanan pihak ketiga lain yang mencoba menawarkan layanan serupa, seperti Plaxo, Tapp, atau Zoho. Dari semua layanan tersebut, saat ini hanya Google yang tersedia untuk sebagian besar perangkat dan komputer. Untuk itu kali ini kita akan mencoba mengatur Android, iOS, dan Blackberry agar dapat saling mensinkronisasikan data kontak, sehingga pada akhirnya satu perangkat dengan perangkat lain dapat memiliki data kontak yang serupa.

Persiapan

Hal pertama untuk dapat menggunakan layanan Google Contact, kamu harus memiliki akun Google. Setiap akun google, secara default akan memiliki akses ke layanan email, contact, dan task/calendar. Khusus untuk layanan-layanan Google Contact dan Google Calendar, per 30 Januari 2013 Google telah mengganti protokol sinkronisasi dengan Contact dengan CardDAV dan Calendar dengan CalDAV, bukan lagi menggunakan protokol ActiveSync. Sehingga untuk dapat melakukan sinkronisasi data kontak dengan layanan Google Contact, maka kita sebaiknya menggunakan protokol CardDAV.

Sinkronisasi pada BlackBerry

Bagi kamu pengguna BlackBerry, perlu diketahui bahwa sistem operasi BlackBerry versi 5 atau ke atas sudah mendukung sinkronisasi dua arah dengan layanan lain yang menggunakan protokol CardDAV. Sinkronisasi dua arah berarti jika ada perubahan data kontak di salah satu sisi, entah pada perangkat BlackBerry kamu atau pada data kontak Google, maka otomatis akan saling menyesuaikan. Cara pengaturannya sangatlah mudah (pada BlackBerry 7):

  1. Silahkan jalankan BlackBerry Setup, kemudian pilih Email Accounts.

  2. Klik tombol [Add another email address], lalu pilih item [Gmail]. Masukkan alamat email dan password akun Google kamu. Lanjutkan proses sampai selesai.

  3. Jika telah selesai, kembali ke tampilan daftar alamat email yang telah kamu tambahkan, pilih alamat email GMail kamu, dan pilih menu [Edit]. Arahkan pada kelompok [Synchronization Options]. Pastikan kamu memberi tanda cek pada item [Contacts]. Klik tombol [Save].

2mei2013_gambar1

  1. Selanjutnya akan ditanyakan password akun GMail kamu. Silahkan masukan, dan klik tombol [Validate].

3mei2013_gambar2

  1. Jika telah selesai, maka secara otomatis BlackBerry akan melakukan sinkronisasi dengan layanan Google Contacts. Tunggulah beberapa saat sampai sinkronisasi selesai.

  2. Jika ingin dicek, kamu dapat membuka browser pada komputer pribadi kamu dan kunjungi gmail.google.com. Masuk dengan akun kamu. Klik item [GMail], dan pilih menu [Contacts].

3mei2013_gambar3

  1. Maka sekarang seharusnya kamu sudah melihat semua daftar kontak yang ada di BlackBerry kamu sudah tersimpan di Google Contacts.

Sedangkan untuk BlackBerry 10, kamu dapat mengaturnya dengan cara sebagai berikut :

  1. jalankan BlackBerry Settings dan pilih item Accounts > Add Accounts.

  2. Pilih item [Email, Calendar, and Contacts], masukkan alamat email Google kamu dan tap tombol [Next].

  3. Masukkan password akun Google kamu dan klik tombol [Next].

  4. Sekarang di bawah Description, masukan label untuk akun Gmail kamu, dan pastikan mengaktifkan sinkronisasi untuk Contacts.

3mei2013_gambar4

Sinkronisasi pada iOS

Seperti yang sudah diuraikan, jika kamu menggunakan iOS 5 atau ke atas secara default akan menggunakan layanan iCloud (www.icloud.com) sebagai tempat sinkronisasi semua data personal, termasuk Contact. Secara default, setiap kali kamu menambahkan data kontak baru di iOS, maka secara otomatis akan tersinkronisasi dua arah dengan layanan iCloud.

Terkait sinkronisasi dengan layanan Google Contacts, maka yang dapat dilakukan hanyalah  sinkronisasi satu arah, yaitu update data Contact di perangkat iOS kita hanyalah berdasar modifikasi data kontak yang ada di Google Contact. Untuk iOS, kita sebaiknya menggunakan protokol CardDAV untuk sinkronisasi Contact dengan Google. Berikut langkahnya:

  1. Jalankan Settings dan tap item [Mail, Contacts, Calendars].

  2. Tap item [Add Account…] pada kategori Account, dan tap item Add CardDAV Account.

3mei2013_gambar5

  1. Masukkan [google.com] untuk item Server, dan isikan User Name serta password akun Google kamu. Tap tombol [Next] untuk melanjutkan.

3mei2013_gambar6

  1. Tunggu sampai verifikasi selesai.

Sinkronisasi pada Android

Sinkronisasi data kontak pada Android adalah yang paling mudah dilakukan, karena secara otomatis ketika kamu menggunakan Android, kamu harus disarankan memiliki akun Google. Cobalah sekarang kamu jalankan Android Settings > Account & Sync… Tap item akun Google kamu, dan kamu akan melihat daftar data dan layanan apa saja yang akan disinkronisasikan. Pastikan [Contacts] telah diberi tanda cek. Model sinkronisasi dengan layanan Google Contacts di Android adalah dua arah.

3mei2013_gambar7Sinkronisasi pada WindowsPhone 8

Pada WindowsPhone8, cara sinkronisasi kontak dengan layanan Contact Google juga dapat dilakukan melalui pemanfaatan protokol CardDAV. Berikut adalah langkah pengaturannya:

  1. Jalankan Settings > email+accounts
  2. pilih Google, lalu masukkan username dan password.
  3. pilih opsi email+contacts+calendar.
  4. ikuti langkah selanjutnya yang pada akhirnya akan dilakukan proses sinkronisasi. Namun sepertinya sinkronisasi pada WP8 ini masih satu arah, yaitu dari Google Contact ke phone, tidak sebaliknya.

wp8settings