SQL Script di Oracle XE 11gR2


Saya berencana untuk memuat tulisan bersambung terkait dengan tutorial pembuatan aplikasi Web menggunakan framework Oracle APEX yang sudah disertakan pada Oracle XE 11gR2. Rencananya tulisan tentang tutorial ini akan saya muat tiap hari Senin, dan materi tiap terbit tidaklah terlalu banyak dengan harapan dapat dengan mudah diikuti oleh siapa saja.

Studi kasus yang saya angkat adalah pembuatan aplikasi yang mensimulasikan sebuah sistem jurnal umum dalam akuntansi keuangan sederhana. Terkait dengan studi kasus ini, saya akan menggunakan model database sederhana sebagai berikut :

ER Jurnal Umum Sederhana

(Catatan: untuk menggambar model tersebut, saya menggunakan alat bantu Diagram Online. Salah satu hal yang saya sukai dari alat bantu ini adalah saya dapat terkoneksi ke Google Drive)

Untuk pembuatan tabel baru berdasar model tersebut, saya menggunakan fasilitas SQL Workshop > SQL Scripts, kemudian klik tombol Create pada Oracle XE 11gR2 Apex. Dari dalam kotak SQL Scripts, berikut perintah SQL yang saya berikan:


create table KelRekening(
kdkel char(2) primary key,
namakel varchar2(250) not null
);
/
create table Rekening (
koderek char(5) primary key,
namarek varchar2(250) not null,
d_k char(1) check (d_k in ('D','K')),
kelompok char(2) references kelrekening(kdkel)
);
/

create table mjurnal (
idjurnal number(10) primary key,
tanggal date default sysdate,
keterangan varchar2(500)
);
/
create table djurnal (
id number(10) primary key,
idjurnal references mjurnal(idjurnal),
koderek_d char(5) references rekening(koderek),
koderek_k char(5) references rekening(koderek),
jumlah number(10,2) default 0
);
/​
​

Setelah saya ketikkan SQL tersebut, kemudian saya berikan nama ‘createtable’ pada item Script Name, dan saya lanjutkan dengan klik tombol [Save]. Maka saya memiliki sebuah script SQL baru pada daftar SQL Script :

SQL Scripts Oracle XE 11gR2

Untuk menjalankan script, klik saja icon “Rambu Lalu Lintas” pada kolom Run. Setelah dieksekusi, jika tidak ada masalah, pada halaman SQL Workshop > Object Browser, akan nampak 4 buah tabel baru :

Object Browser

Selamat mencoba!