Emulator PSP di Android


Hampir 6 bulan yang lalu, saya menyempatkan diri untuk menelusuri Google Play untuk mencari aplikasi-aplikasi yang menurut saya menarik. Dan saya menemukan semua emulator PSP yang dapat dijalankan di Android, yaitu PPSSPP buatan Henrik Rydgard.  Namun karena saat itu perangkat Android saya tidak mendukung, maka saya tertahan untuk tidak mencobanya. Lalu hari ini, saya tiba-tiba teringat kembali kalau ada aplikasi tersebut (mungkin karena jadwal pendadaran yang banyak hari ini). Dengan modal perangkat yang sudah mendukung, saya pasang PPSSPP ke Android JellyBean+. Setelah terpasang, kemudian saya mencari beberapa file ISO permainan untuk PSP yang tersedia secara gratis di pspshare.org. Setelah file ISO saya copykan ke perangkat Android saya menggunakan AirDroid, selanjutnya saya tinggal menjalankan PPSSPP dan memanggil file ISO tersebut. Whala… akhirnya saya dapat memainkan permainan PSP di Android. Walaupun masih terbatas kemampuannya, namun untuk beberapa aplikasi PSP “kecil” sudah cukup berjalan baik. Namun sayangnya ketika saya coba jalankan, PPSSPP sedikit menyedot baterai saya, maklum mungkin perlu kerja keras untuk dapat menyediakan lingkungan eksekusi yang serupa dengan PSP.

PPSSPP