Workspace di OracleXE 11g


Oracle XE 11g R2 menggunakan framework Oracle APEX 3.0 di dalamnya. Dengan adanya paket APEX ini, maka semua fungsi administrasi Oracle XE, baik Administrasi APEX ataupun Administrasi Database dapat dilakukan melalui antar muka web. Terkait dengan administrasi Database Oracle XE 11g R2, kita harus membuat sebuah Workspace terlebih dahulu. Istilah Workspace biasanya dikaitkan dengan suatu “ruang” kerja yang menyediakan berbagai macam alat bantu bagi pemakai untuk mengelola satu atau lebih skema database dan aplikasinya. Sebuah Workspace dapat diberikan pada satu atau lebih akun pemakai. Kali ini kita akan mencoba membuat Workspace baru yang nantinya dapat digunakan oleh pemakai untuk masuk ke bagian alat bantu administrasi database Oracle XE 11g.

Untuk dapat membuat workspace baru, dari web browser kita dapat mengunjungi http://ipkomputer:8080/apex/apex_admin. Dari sana, kita masuk dengan menggunakan user admin dan password yang telah kita ganti saat pertama kali masuk (lihat posting sebelumnya). Setelah berada di dashboard administrasi APEX, klik [Manage Workspaces], dan klik tautan [Create Workspace].

Create Workspace Oracle XE 11g

Workspace di OracleXE 11g ini serupa dengan pembuatan database baru jika kita menggunakan Microsoft Access. Perbedaan paling utama adalah Workspace di OracleXE semuanya disimpan dalam satu repository saja. Dalam pembuatan Workspace baru, Oracle XE 11g telah menyediakan penuntunnya dalam bentuk wizard.

  1. kita masukkan nama workspace yang tidak boleh mengandung spasi. Untuk ID dan keterangan dapat dilewatkan karena otomatis OracleXE akan memberikan ID unik untuk workspace yang kita buat.
  2. tahap kedua adalah mendefinisikan Schema. Schema dapat disamakan dengan nama akun pemakai database yang menunjuk pada sekumpulan objek database yang dimiliki oleh akun pemakai tersebut. Untuk pembuatan schema baru, maka kita harus memilih NO untuk item Re-use existing schema?Create Workspace - Schema Defined
  3. Tahap ketiga adalah pembuatan akun ADMIN untuk workspace yang kita sedang buat ini. Akun ADMIN ini tentunya berfungsi untuk mengelola keseluruhan objek dari workspace yang kita miliki, misalnya mengelola aplikasi APEX yang dibuat, mengelola database, dan mengelola akun workspace lain yang dapat mengakses workspace kita.Create Workspace - Workspace Admin Account Defined
  4. tahap terakhir adalah tahap konfirmasi dari seluruh isian yang telah kita lakukan pada tahapan sebelumnya. Klik saja tombol [Create Workspace].
  5. Cobalah sekarang logout dari akun Workspace saat ini, dan login dengan akun yang baru saja kita buat. Jangan heran jika untuk pertama kali login, kita diminta untuk memasukkan password baru. Kita dapat memasukkan password yang sebelumnya kita definisikan.
  6. Setelah login, sekarang kita dapat menggunakan database OracleXE 11g untuk segala macam keperluan database dan aplikasi web berbasis APEX. Setiap pembuatan akun schema baru, kita akan dibuatkan sebuah demo database ORDER beserta contoh aplikasi APEXnya.Application Builder Demo
  7. Untuk menjalankan contoh aplikasi APEX tersebut, cukup klik tombol Run Application. Aplikasi web yang kita dapatkan merupakan sebuah contoh aplikasi web yang dapat kita buat dengan menggunakan framework APEX.

Products Demo

Kita akan mencoba membuat aplikasi dengan APEX setahap demi setahap pada tulisan saya berikutnya.