Akhirnya Facebook Home!


Pada tanggal 12 April 2013 kemarin, akhirnya Facebook menyediakan secara resmi aplikasi launchernya, yaitu Facebook Home, di Google Play. Sayangnya hanya beberapa perangkat yang didukung, seperti Samsung Galaxy S III, HTC OneX. Sedangkan untuk Nexus 4 tidak didukung sampai saat ini. Kemudian saya mencoba mencari-cari apakah ada yang sudah memodifikasi apk agar dapat dijalankan di ponsel-ponsel selain yang disebutkan oleh Facebook. Ternyata sudah ada yang memodifikasi. Dialah Paulo Brain, yang berhasil memodifikasi dan menyediakannya kepada siapa saja yang ingin mencoba menggunakannya. Silahkan mengunjungi MaDaCo dan download 3 file apk yang dibutuhkan, yaitu Facebook, Facebook Messenger, dan Facebook Home. Seperti yang disampaikan oleh Paulo Brain, untuk menggunakan modifikasi Facebook Home ini, terlebih dahulu harus dipastikan aplikasi Facebook dan Facebook Messenger resmi sudah di-uninstall.

Oleh karena akan memasang file apk bukan dari Google Play, maka harus diaktifkan Unknown Sources dari Settings > Security. Selanjutnya, copy ketiga file APK yang sudah diunduh ke ponsel. Saya menggunakan AirDroid untuk memindahkan ketiga file APK tersebut ke Nexus 4. Setelah itu dengan menggunakan ES File Explorer saya buka setiap file untuk kemudian dipasang. Setelah terpasang semua, sewaktu saya tap soft button Home, maka terlihat pilihan Facebook Home. Saya tap launcher tersebut, dan saya pilih tombol [Always]. Untuk awalnya, saya reboot Nexus 4 untuk mendapat lingkungan Facebook Home yang lebih bersih. Dan setelah reboot, Facebook Home sudah menggantikan Launcher asli Android JellyBean+.

Facebook Home

Kesan pertama saya sesaat menikmati Facebook Home ini sebenarnya tidak terlalu istimewa, hanya saja memang bagi para maniak Facebook, Facebook Home ini benar-benar memanjakan. Tap dua kali untuk memberi LIKE pada status, geser layar ke kiri dan ke kanan dengan jari untuk melihat status teman-teman, tap sekali untuk memperlihatkan icon profile saya dimana dari situ saya dapat menggeser icon profile untuk memilih daftar aplikasi, atau kembali ke aplikasi sebelumnya atau ke Facebook Messenger. Saya juga dapat tap softbutton Home untuk menampilkan daftar aplikasi yang sudah saya pasang.

Application List Facebook Home

Dari daftar aplikasi tersebut, saya dapat membuat status baru, upload foto, atau melakukan Check In. Dari layar ini, saya mencoba melihat daftar pengaturan apa saja yang dapat saya lakukan dari Home Settings. Dari semua pengaturan yang ada, satu hal yang membuat saya harus lakukan adalah pengaturan “Data Use”. Oleh karena saya berlangganan layanan Internet mobile yang terbatas (quota 500 MB/bulan), maka saya pilih Data Use Low, agar tidak terlalu sering melakukan sinkronisasi dengan server Facebook.

Facebook Home Settings

Secara keseluruhan, Facebook Home hasil modifikasi ini dapat berjalan sangat lancar dan cepat pada Nexus 4. Hal ini dikarenakan kapasitas RAM yang terpasang di Nexus 4 sudah 2 GB dengan prosesor QuadCore 1.5 GHz. Demikian hasil percobaan saya.