Facebook Home


Rumor yang banyak beredar sebelum ini bahwa Facebook akan membuat telepon seluler sendiri, terjawab sudah pada tanggal 4 April 2013. Pada hari itu, Facebook tidak memproduksi sendiri telepon seluler namun mengeluarkan sebuah aplikasi launcher untuk Android. Dan dengan jelas diumumkan juga bahwa HTC merupakan vendor pertama yang akan memasang default launcher dari Facebook.

Dari demo yang dipublikasikan, launcher dari Facebook ini benar-benar terintegrasi dengan layanan Facebook, dimana latar layar dapat menampilkan foto profile teman di Facebook beserta update statusnya, kita dapat dengan mudah nge-LIKE sebuah foto, atau status,  dengan mudah juga dapat memberikan komentar atau mengirimkan pesan kepada seorang teman di Facebook, dan sebagainya. Dari presentasi arsitektur dari launcher Facebook Home ini, sangat terlihat jelas bahwa Facebook Home menggantikan launcher default Android, dimana di atasnya juga menyediakan fungsi manajemen pengelolaan aplikasi yang ada di perangkat Android.

Facebook Home layer (dari CNET)

Dengan adanya Facebook Home diharapkan dapat menggantikan aplikasi native Facebook yang selama ini beredar. Mark Z. sendiri sangat berharap sebanyak mungkin ponsel Android yang terpasang Facebook Home ini. Masuk akal saja jika Mark Z. mengharapkan ini. Hanya saja perlu diingat bahwa setiap vendor yang mengeluarkan produk perangkat berbasis Android sudah memiliki launcher sendiri. Sebagai contoh HTC sudah memiliki HTC Sense, Samsung juga sudah memiliki TouchWiz, demikian juga Asus, LG, Acer, dan sebagainya. Artinya, apakah rela para vendor tersebut menggantikan launchernya dengan milik dari Facebook? Kemungkinan tersebut bisa saja terjadi, asalkan dengan terpasangnya Facebook Home dapat memberikan kepastian kepada para vendor bahwa produk yang mereka pasarkan dapat semakin laku di pasar. Rencana HTC akan melempar ke pasar ponsel ber Facebook Home seharga US$ 450 pada tanggal 12 April ini melalui AT&T. Siapa yang tertarik?
Facebook juga menyediakan situs Facebook Home untuk membantu para vendor memasang Facebook Home di produk perangkat Android yang akan mereka pasarkan.
Pada tanggal 12 April itu juga, Facebook Home direncanakan sudah tersedia Google Play. Sayangnya perangkat yang sementara didukung adalah Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy S IV, Galaxy Note II, dan HTC One-X. Tidak ada jajaran Nexus yang didukung, mengingat Facebook tidak ingin terkesan mengubah pandangan menghilangkan nuansa Google pada jajaran Nexusnya.