Mari Membuat Draft


Selain Google Drive ataupun Office 365 Online, ada satu lagi yang mulai saya suka, yaitu Draftin. Walaupun relatif masih sangat baru, Draftin menawarkan konsep document version control management yang tidak kalah menariknya. Berbeda dengan dua raksasa sebelumnya, Draftin lebih sederhana, teruttama dalam hal penanganan terhadap format dokumen. Dapat dikata dalam Draftin tidak ada format yang mencolok, karena memang fungsi dari layanan Draftin adalah untuk membuat sebuah draft dokumen, baik perorangan maupun bersama-sama.

DraftIn

DraftIn

Karena sangat minimalisnya, saya langsung menyukai Draftin. Tidak ada suatu boundary visual yang ditampilkan terkait dengan area editing dokumen. Pemformatan draft juga sangat minimalis, yaitu dengan menggunakan simbol-simbol sederhana, seperti # untuk H1, ## untuk H2, ** untuk Bold, * untuk Italic, > untuk Quote, dan sebagainya. Kesederhanaan inilah yang juga saya sukai.

Jika ingin mengajak teman atau orang lain untuk membantu dalam pembuatan draft, yang perlu dilakukan hanya mengirimkan alamat yang sudah tersedia pada menu Home > Share. Dari setiap perubahan yang terjadi akan selalu dicatat, dan dapat kita ketahui. Enaknya lagi, kita dapat memilih untuk setuju atau tidak terhadap perubahan yang dilakukan oleh teman kita.

Intinya, jika saya membutuhkan untuk pembuatan sebuah draft, Draftin sudah sangat mencukupi.

Iklan