X11 di Mountain Lion


Paket lain yang terimbas oleh Max OS X 10.8 adalah tidak disertakannya X11 Server ataupun Client library. Kenyataan ini baru saya ketahui setelah gagal menjalankan Inkscape di Mac OS X 10.8. Dari sinilah kemudian saya googling, dan mendapati dari situs Apple support tentang tidak disertakannya secara default paket X11 pada 10.8. Dari halaman tersebut disebutkan bahwa untuk paket X11, dan jika tetap membutuhkan disarankan untuk memasang paket XQuartz. Akhirnya saya mengunduh paket XQuartz versi 2.7.4 (versi final terakhir saat saya unduh) yang berukuran 66.89 MB.

Setelah terunduh, langsung saja saya pasang dengan cara klik dua kali file XQuartz-2.7.4.dmg dan klik dua kali lagi pada file XQuartz.pkg. Dengan mengikuti langkah-langkah pemasangan, akhirnya XQuartz terpasang dengan konsekuensi akan memakan ruang penyimpanan harddisk kita sebesar 196.5 MByte.

XQuartz

Saya lanjutkan dengan mencoba kembali menjalankan Inkscape, dan munculah sebuah dialog yang meminta saya untuk memilih X11 mana yang akan digunakan. Dari daftar aplikasi yang diberikan, tidak ada item XQuartz. Sehingga saya klik tombol [Browse] dan saya pilih XQuartz. Saya menunggu untuk beberapa saat untuk kemudian Inkscape saya dapat berjalan.