Menyiasati Rakusnya CalendarAgent di Mountain Lion


Baru satu hari saya mengupgrade Lion saya menjadi Mountain Lion. Dalam satu hari tersebut, saya merasakan satu hal yang sangat mengganggu adalah kipas di MBP mid 2010 saya sering bekerja keras. Jika kipas bekerja keras, berarti CPU saya sekiranya juga sedang bekerja sangat keras. Lalu saya jalankan Activity Monitor. Dan benar saja, terdapat satu service yang memakan utilitas CPU saya sampai 90%. Nama service tersebut adalah CalendarAgent.

Lalu saya mencoba mencari di Forum Apple. Saya baru mendapati bahwa ternyata kejadian ini dialami oleh pemakai Mountain Lain lainnya. Kondisi rakusnya CalendarAgent disebabkan salah satunya adalah karena saya menambahkan akun iCal dari Google Calendar. Dari beberapa post diskusi yang ada, ada satu teknik yang disarankan oleh user bernama Ola_M yang mengutip dari situs blog milik Robert. Kemudian saya coba, dan sepertinya teknik ini berhasil. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan, jika Anda juga mengalami masalah ini:

  1. Jalankan System Preferences > Mail, Contacts & Calendars
  2. pada item iCloud dan GMail (atau yang lain), hilangkan tanda cek pada item Calendars & Reminders
  3. selanjutkan jalankan Terminal
  4. ketikkah pada prompt shell yang ada di Terminal: cd ~/Library
  5. kemudian hapus folder Calendars dengan cara: rm -rf Calendars
  6. selanjutnya hapus file plist untuk iCal dengan cara: rm Preferences/com.apple.iCal.plist
  7. setelah itu, kembali ke System Preferences > Mail, Contacts & Calendars, lalu cek kembali item Calendars & Reminders untuk masing-masing akun secara bergantian. Setiap kali Anda klik kembali item tersebut, Mac OS X akan melakukan sinkronisasi ke server calendar.

Demikian share dari saya.