Pengembangan Aplikasi J2ME di Mac OSX


Sejak Desember 2010, saya mulai berada di dua lingkungan, Linux (Fedora) dan Mac OSX. Saya sendiri masih membutuhkan lingkungan untuk pengembangan aplikasi J2ME. Untuk lingkungan Linux tidak masalah, karena saya menggunakan NetBeans dan WTK 2.5.x. Sedangkan untuk lingkungan Max OSX, saya hanya menggunakan Eclipse + ME Plugin. J2ME WTK 3.0 untuk Mac dapat diunduh secara gratis (sayangnya mulai versi 3, J2ME WTK tidak tersedia untuk Linux).

Untuk mengatur lingkungan J2ME di EclipseME, kita dapat lakukan dengan langkah sederhana:

  • Pilih Eclipse > Preferences > Java ME
  • Pada item WTK Root isikan /Applications/Java_ME_SDK_3.0.app/Contents/Resources
  • Kemudian pada Java ME > Device Management, klik Manual Install… lalu masukkan /Applications/Java_ME_SDK_3.0.app/Contents/Resources
  • Tunggu sampai semua emulator device muncul, klik Finish.

Sedangkan saya sudah punya lingkungan pengembangan J2ME di Mac OSX.