Belajar dimanapun tempatnya


Satu waktu saya main ke galeria mall yogyakarta untuk mencari hidangan makan siang. Boleh dikata tempat food court ini ditujukan untuk kelas menengah. Pendapat pribadi ini saya dasarkan pada penilaian terhadap menu makanan yang dijual serta visualisasi penataan dan tampilan ruang.
Namun saya tidak begitu peduli dengan suasana atau sajian itu. Tapi yang menjadi perhatian saya adalah banyak dari pengunjung menggunakan notebook dan boleh dikata hampir semuanya mengakses facebook atau aplikasi soal lainnya. Satu hal yang memungkinkan ini terjadi adalah akses free internet melalui wifi.
Ini juga yang menjadi perenungan saya sebagai pribadi dan juga sebagai pengajar.
Saya jarang bahkan tidak pernah menjunpai sekumpulan anak sekolah atau mahasiswa yang berkumpul belajar bersama di tempat publik seperti di subha ini.
Saya selalu teringat ketika saya berkesempatan mengunjungi negara tetangga, Singapore. Beberapa kali saya melihat bagaimana siswa di sana mampu dan mau belajar di tempat publik.
Sekali lagi ini perenungan. Bingung juga harus mulai dari mqna untuk menumbuhkan niat belajar. Belajar untuk mengasah diri untuk disiplin terhadap apa yang menjadi tangguntjawabnya. Semoga dapat terus belajar.