Ponsel pengganti Wireless keyboard dan mouse


Karena profesi saya sebagai pengajar, maka saya membutuhkan sebuah ‘alat bantu’ yang dapat memudahkan saya untuk melakukan presentasi di depan kelas. Dahulu saya sedikit terbantu dengan wireless remote presenter, yang memungkinkan saya untuk menggeser mouse dan mengontrol tampilan slide dari jarak jauh. Namun kadangkala, saya juga membutuhkan wireless keyboard yang dapat digunakan untuk mendemokan suatu pemrograman. Mengapa saya butuh wireless keyboard dan mouse? Karena ketika mengajar di kelas, saya lebih suka untuk sambil berjalan di antara mahasiswa yang duduk di kelas, yang kadang-kadang bosan, tidak fokus, dan mungkin juga teknik mengajar saya yang membosankan.

Saya memiliki ponsel, symbian S60 3rd edition dan Android HTC Wildfire dengan Android 2.2. Mestinya saya dapat menggunakan kedua alat ponsel ini untuk menggantikan wireless keyboard dan mouse. Kemudian saya mencari aplikasi yang dapat memberikan fungsi tersebut. Dari hasil pencarian dan percobaan, berikut ada 3 software/aplikasi yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi wireless keyboard dan mouse dengan memanfaatkan ponsel saya:

  • Amora. Aplikasi ini berjalan diatas platform Python for s60 untuk client, dan Amora for Linux sebagai servernya. Dengan Amora, saya dapat menggantikan wireless mouse, hanya sayangnya sisi server khusus untuk platform Linux.
  • Gmote. Aplikasi ini adalah aplikasi untuk Android dengan servernya dapat berjalan di atas Windows atau Mac OS X. Hanya saja sayangnya Gmote menyediakan hanya untuk koneksi WiFi.
  • PRemoteDroid. Aplikasi ini menyediakan fungsi lengkap baik sebagai wireless keyboard maupun wireless mouse untu ponsel Android dengan server Windows. Fungsi lain, kita dapat membuka file di komputer server dari ponsel Android kita. PRemoteDroid menyediakan komunikasi melalui bluetooth maupun WiFi untuk koneksi dari ponsel ke komputer server.