Pemakaian Joomla


Saya akhirnya dapat menggunakan Joomla untuk pembangunan web site lpps. Ada beberapa extension yang saya masukkan ke dalam web site ini, terutama untuk dapat menampilkan daftar buku, dokumen manajemen, pemesanan fasilitas, dan keikutsertaan dalam program kegiatan. Untuk memenuhi itu semua, saya menggunakan extension berikut :

  • IPrice Calculator untuk menampilkan daftar buku dan sekaligus menyediakan mekanisme pemesanan melalui form yang tersedia dan akan dikirim melalui email ke bagian penanganan order LPPS. Terhadap modul ini saya tidak melakukan perubahan banyak, kecuali untuk penterjemahan ke bahasa Indonesia di beberapa bagian.
  • DocMan untuk menyediakan daftar dokumen elektronik yang dapat diunduh oleh pemakai (dalam hal ini anggota yang terdaftar)
  • Preventive & Reservation untuk menyediakan mekanisme pra-pemesanan fasilitas lpps lewat email. Terhadap modul ini saya mengubah cukup banyak, karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan lpps, terutama untuk menyediakan masukan jam dan captcha.
  • Seminar untuk menyediakan layanan penyebaran informasi kegiatan dan pendaftaran peserta secara online.

Pengalaman pertama dengan Joomla untuk web site telah memberikan banyak pengetahuan baru, yang sebelumnya saya juga telah menggunakan Drupal. Namun sepertinya saya akan migrasi ke Joomla karena terasa lebih mudah.😀 Namun Drupal juga merupakan CMS yang bagus sekali.