Update Firmware Nokia N78


Saya termasuk terlambat untuk update Firmware N78 versi 30.011, karena update firmware ini sudah dikeluarkan sejak tanggal 29 Juni 2009. Saya update menggunakan Nokia PC Suite, dan saya mendapat firmware versi 30.011.051.1 bertanggal 5 Agustus 2009. Firmware 30.011 Versi awal 29 Juni 2009 juga dapat didownload di rapidshare (ada yang berbaik hati menaruh di sana). Setelah googling kembali hari ini, saya menemukan versi lain bertanggal 7 Desember 2009 yaitu Nokia N78 RM-235 APAC 30.011 v9.01. Tapi saya kurang begitu yakin dengan yang terakhir ini, karena ada perbedaan ukuran yang sangat mencolok, dimana yang versi “resmi” dari Update Nokia PCSuite berukuran 134M, sedangkan yang terakhir ini 30.011 v9.01 berukuran 85M. Saya tidak berani mencoba untuk memasangnya. Jika ada rekan yang sudah mencoba versi terakhir ini mungkin bisa di sharekan ke saya juga.

Setelah update firmware N78 dengan versi 30.011 (semula v21.002), saya merasa ada peningkatan pada kinerja dan response. Terasa lebih nyaman memang. Dan yang lebih baik saya merasa layanan Nokia OVI menjadi terasa lebih menyatu (walaupun saya hanya menggunakan untuk ovi mail dan upload foto ke ovi). Silahkan merujuk ke forum Nokia Australia untuk mendapat informasi tentang perubahan di versi 30.011.

6 thoughts on “Update Firmware Nokia N78

  1. hallo pak budsus..
    semakin baru firmware semakin repot pasang aplikasi yang usigned pak..hehe..(cracked) alias tidak flexible
    untuk keamanan update firmware pasti lebih bgs dan aman lewat nokia phone updater (resmi updaternya nokia bisa lewat hp n pc suite(disarankan))..kalau ukuran firmware nokia berukuran terlalu besar kemungkinan firmware tsb berbahaya,karena nokia tidak mungkin memberikan update hampir 20% lebih besar drpd ukuran update sblmnya..

  2. N78 asli saya hilang…😥
    dan tetep saya berjuang untuk punya N78 kembali walau harus rela ngubek2 kaskus..hehehe. Cuman FM transmitternya yg awalnya normal kok sekarang nggak mau mancarin apa2.. apakah ngefek jika instal ulang firmwarenya ya pak?

  3. gan pnya ane di upgrade versi 30.011 kok bs masang aplikasi hp sama skli gan knp y??
    please bntu ane gan., ane udh pke hello ox g’ bs juga buat nghack’x

Komentar ditutup.