AptanaStudio akhirnya jalan di Fedora 10


Setelah hampir 1 bulan sejak download AptanaStudio tidak tersentuh, malam ini akhirnya saya baru coba pasang dan jalankan AptanaStudio di Fedora 10. Pada awalnya kesalahan hampir sama dengan aplikasi-aplikasi lain yang menggunakan framework Eclipse, yaitu kesalahan XUL runner. Waktu saya install XMind, saya pasang firefox 2.x dan mengarahkan parameter $MOZILLA_FIVE_HOME ke folder firefox 2.x.
Sekarang dengan cara yang serupa, AptanaStudio tidak mau terima. Lalu saya baca-baca di forum Aptana yang ternyata memang masalah di versi xulrunner nya, yang ternyata butuh versi 1.8.x. (di Fedora 10 setelah di update xulrunner menjadi versi 1.9). Akhirnya saya download sendiri xulrunner-1.8.1.3. Lalu saya ekstraksi ke folder /usr/lib dengan nama folder xulrunner-1.8.1.3 agar tidak menimpa folder xulrunner yang di link ke xulrunner 1.9. Lalu saya pindahkan hasil ekstraksi AptanaStudio ke /usr/local, sehingga di dalam folder tersebut terdapat subfolder aptana. Di dalam folder /usr/local/aptana, saya buat script runAptana.sh seperti yang disarankan di forum:

#!/bin/bash
export MOZILLA_FIVE_HOME=/usr/lib/xulrunner-1.8.1.3
/usr/local/aptana/AptanaStudio -vm /usr/java/default/jre/bin/java

di sini java yang harus kita gunakan adalah java versi 1.6 (saya gunakan dari Sun Microsystem). Dari dalam folder /usr/local/aptana, saya jalankan ./AptanaStudio. Berhasil!!! Senangnya. Ada cara lain yang lebih praktis??

Referensi:

Installing Aptana Studio on Linux