Bagaimana nasib Java berikutnya?


Dari tulisan Serdar Yegulalp, dengan judul “You Can’t Have Your Java And Fork It, Too“, ada dugaan dari beliau bahwa setelah di “caplok” oleh Oracle, pengembangan Java akan sangat berbeda. Berikut cuplikan tulisan beliau:

I speculated that what might happen is a forking of Java into at least two branches: the official branch maintained (or, rather, not maintained) by Oracle, and an unofficial branch under different sponsorship.

Hmm…saya setuju dengan pendapat tersebut. Masalah dari sejarah bagaimana Oracle “bertindak” terhadap produk-produk yang dia beli, pada akhirnya akan lari untuk mengembangkan “Oracle Stack”. Kalau memang Java bernasib sama dengan PeopleSoft, JD Edward, dan produk lain, saya bertanya-tanya bagaimana dengan standarisasi yang selama ini terus digulirkan untuk pengembangan Java (JSR melalui JCP)? Apakah ini juga akan dimatikan oleh Oracle? Atau mungkinkah Oracle mengeluarkan versi Java mereka dalam bentuk “freeware” dibawah lisensi Oracle?

Kalau seandainya standarisasi Java dimatikan, maka bisa dipastikan bahwa pengembangan Java versi OpenSource (dan versi lain) akan “bicara” lain-lain, yang pada akhirnya WORA tidak lagi sekompatibel sebelumnya. Saya kurang tahu! Tapi yang jelas saya hanyalah seorang pemakai Java, yang selama ini juga saya menggunakan OpenJDK dan JDK dari Sun.

Oooo Java, semoga nasibmu tetap berjaya di kemudian hari….

3 thoughts on “Bagaimana nasib Java berikutnya?

  1. mudah2an bnyk pembelot yang bikin java versi community>>> contohnya OpenOffice ke LibreOffice dan MySQL ke MariaDb

Komentar ditutup.