Menunggu sang Leonidas


Sepertinya saya seorang penunggu berat Fedora 11 yang akan di release 26 Mei 2009 nanti. Saya akan rela untuk fresh installation di harddisk saya. Pasalnya ada beberapa feature yang menarik buat saya di Fedora 11 yang saya yakin akan diikuti oleh distro lain (ciri khas fedora tho — setahu saya):

  • ext4 akan jadi default filesystem
  • netbeans 6.5 sudah menjadi paket terintegrasi
  • dapat membaca fingerprint
  • X server update ke versi 1.6
  • rpm ke versi 4.7
  • punya thunderbird 3 (sayang saya sekarang sudah migrasi ke evolution)
  • python 2.6
  • punya power management yang lebih baik (saya harap fungsi sleep tidak buat freeze notebook saya lagi)
  • ada OpenChange yang kompatible dengan MS Exchange
  • punya mode minimal installation yang memang kecil ukurannya
  • Gnome 2.2.6 dan KDE 4.2
  • punya IntelKMS untuk mendukung modeSetting bagi intel vga chipset agar boot dengan plugin plymouth bisa lebih leluasa (Intel Corporation Mobile 4 Series di notebook saya belum bisa didukung di fedora 10)

Mari kita tunggu! Nah… tentang arti dari codename Fedora 11 yaitu Leonidas dapat disimak di http://truthhappens.redhat.com/2009/01/15/fedora-looking-for-leonidas-art/.

One thought on “Menunggu sang Leonidas

Komentar ditutup.