Penetrasi Pemakai Internet Indonesia


Menurut laporan dari InternetWorldStats.com,diperkirakan pertumbuhan masyarakat Internet mencapai 1,46 miliar pemakai dengan tingkat penetrasi mencapai 21.9% (tumbuh sampai 305%). Secara khusus di Asia, China masih menempati di urutan pertama sebagai negara yang memiliki penetrasi 19% (dengan jumlah pemakai Internet mencapai 253juta). Yang cukup membanggakan adalah Indonesia menempati urutan ke 5 dengan tingkat penetrasi 10.5% (dengan jumlah pemakai Internet mencapai 25juta).

Kondisi di Indonesia ini, dan diseluruh dunia, menurut hemat saya didorong dengan adanya peningkatan pemakaian Internet untuk menunjang kegiatan kumpul-kumpul di media layanan Social Network, selain juga meningkatnya kepercayaan masyarakat industri untuk memanfaatkan Internet sebagai salah satu media yang efektif dan efisien untuk mendukung proses bisnis dan organisasi mereka.

Secara khusus di Indonesia, menurut hemat saya, meningkatnya penetrasi ini ditunjang dengan adanya tawaran layanan Internet yang lebih banyak dari berbagai jada penyedia Internet, termasuk di dalamnya adalah mobile Internet service yang ditawarkan oleh para operator telepon selular. Telkom sendiri sebagai perusahaan telekomunikasi mayor di Indonesia, telah merambah desa-desa untuk penyediaan layanan Internet melalui layanan Speedy maupun Telkomnet Instan. Selain itu, saya sendiri melihat dengan menjamurnya layanan free hot spot telah mendorong orang untuk menggunakan Internet untuk berbagai macam tujuan.

Dari catatan-catatan ini menunjutkkan, di masa mendatang bisnis dalam bidang penyediaan ataupun pemanfaatan Internet akan terus meningkat dan cukup menjanjikan, asalkan ide-ide layanan yang kita jual harus betul-betul menangkap kebutuhan yang ada. Nah itu yang harus digali….

3 thoughts on “Penetrasi Pemakai Internet Indonesia

  1. Iya setuju pak..
    Kayaknya kalo bisnis di internet cukup menjanjikan di masa mendatang.

    Apalagi kan udah ada UU ITE kalo gak salah singkatan dari UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

    Tapi di kampus kok gak ada matkul bisnis dengan menerapkan teknologi IT.
    Kayaknya sebagian besar mhs ingin cepat lulus dan jadi karyawan semua…he..he..
    Kalo ada PHK massal habis sudah…

    Ada lagi mhs yang nanya apa itu “technopreneurship” padahal dia ngambil matkul itu..katanya namanya keren..ha..ha..

    Mnurut bapak gimana thu?

    Motivasi Bligus – Blog Motivasi dan Bisnis

    • sebenarnya kita orang-orang TI ini perlu belajar juga tentang branding, bagaimana memasarkan produk IT (software) kita, dan sebagainya. Sebaiknya matakuliah itu mengarah ke sana. Ide saya sich sebetulnya, dari universitas (pihak sekolahan) berani menawarkan suatu program yang menunjang pembangunan technopreneur kepada mahasiswanya.

  2. Hanya saja bila dibandingkan dengan jumlah penduduk maka persentase pemakai internet di Indonesia berada di level terendah. Kita hanya sedikit diatas India dan Pakistan:

    Negara Penduduk Internet %
    Japan 127,078,679 94,000,000 74.0%
    Korea,S 48,508,972 36,800,000 75.9%
    Taiwan 22,974,347 15,100,000 65.7%
    Malaysia 25,715,819 15,900,000 61.8%
    Vietnam 86,967,524 20,800,000 23.9%
    China 1,338,612,968 298,000,000 22.3%
    Philippines 97,976,603 14,000,000 14.3%
    Indonesia 240,271,522 25,000,000 10.4%
    Pakistan 176,242,949 17,500,000 9.9%
    India 1,166,079,217 81,000,000 6.9%

Komentar ditutup.