Add-on Firefox Pilihan Saya


Dari sekian banyak add-on Firefox, sampai saat ini yang saya temukan dan gunakan hanya beberapa saja (kurang lebih 23 buah). Dan add-on yang saya pilih ini boleh dikatakan sangat memenuhi kebutuhan saya. Add-on pilihan saya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Add-on Firefox Favorit Saya

Add-on Firefox Favorit Saya

Dari pilihan Add-On yang paling memikat hati saya adalah Xoopit for Gmail, Ubiquity, Firefox Universal Uploader, Firebug, dan Facebook Toolbar.

Xoopt for Gmail merupakan sebuah addon yang khusus digunakan untuk memberi kemampuan lebih pada layanan Gmail, antara lain: menampilkan dan mengelompokkan file-file yang di-attach dari email kita; menampilkan siapa saja yang terlibat dalam sebuah percakapan email; menampilkan attachment sebelum-sebelumnya dari pengirim terpilih; dan sebagainya.

Xoop for Gmail

Xoopt for Gmail

Firefox Universal Uploader adalah add-on yang sangat menarik dengan menawarkan satu aplikasi untuk dapat melakukan operasi upload dan download dari beberapa web site yang menyediakan layanan antarmuka upload file.

Fire Universal Uploader

Fire Universal Uploader

Jika Anda adalah web developer, maka Anda butuh sekali add-on satu ini. Firebug memberikan banyak hal yang sangat membantu dalam menguji aplikasi web yang kita bangun.

Firebug

Firebug

Ubiquity adalah sebuah add-on masa depan dari Laboratorium Firefox yang sangat memperhatikan tentang interaksi antara browser dan pemakainya. Dengan menekan hot key, misal CTL+SPACE, kita akan disodorkan sebuah popup window yang siap menerima perintah dari kita terhadap halaman web yang kita kunjungi. Saya menangkap ide dasar dari add-on ini adalah mencoba memberikan sebuah single-point service (mash-up) yang dapat menggabungkan semua service-service lainnya. (Ubiquity for Firefox from Aza Raskin on Vimeo.)

Saya adalah salah satu pemakai Facebook. Dengan Facebook Toolbar ini saya tidak perlu mengetikkan alamat facebook pada address bar browser firefox, tapi cukup Login melalui toolbar ini, dan saya mendapatkan banyak informasi terbaru dari teman-teman saya. Ada pop-up window kecil yang muncul ketika ada teman saya yang mengubah status atau profile mereka.

Facebook Toolbar

Facebook Toolbar

Pada akhirnya, biarpun agak sedikit lambat dibanding dengan Google Chrome, tapi saya masih suka dengan Firefox sebagai browser terbaik saat ini.

2 thoughts on “Add-on Firefox Pilihan Saya

Komentar ditutup.