Aplikasi GPS di N78


Hari ini, 10 Jan 09, saya berkesempatan untuk pergi ke Gua Tabuhan dan Gua Gong di daerah Pacitan, Wonosari, Yogyakarta. Dalam perjalanan menuju lokasi, saya tidak dapat berkesempatan untuk memanfaatkan A-GPS di ponsel N78, karena masalah tidak ada koneksi GPRS yang stabil dan berada di dalam mobil sehingga tidak dapat menerima direct location dari GPS.

Dalam perjalanan pulang, mulai dari Wonogiri sampai Yogyakarta, koneksi paket data GPRS mulai stabil sehingga informasi lokasi aktif dapat saya terima. Lalu saya coba menggunakan tiga program yang berbeda: (1) Nokia Map; (2)GarminMobileXT; dan (3) Google Map. Dari ketiganya, saya mencoba memotret layar ponsel N78 (maaf belum menggunakan screen snap) dan hasilnya dapat dilihat pada gambar 1 di bawah ini.

Aplikasi GPS di S60 3rd

Gambar 1. Aplikasi GPS di S60 3rd

Dari ketiga aplikasi tersebut, memang yang bagus dan interaktif adalah Nokia Maps dan GarminXT. Google Map butuh koneksi paket data yang lebih banyak karena harus download map secara online bagian demi bagian.

One thought on “Aplikasi GPS di N78

Komentar ditutup.