Tiga rival raksasa di piranti ponsel


Sebagai salah satu sistem operasi piranti ponsel (mobile), Android betul-betul ingin memposisikan dirinya sebagai salah satu produk sistem operasi ponsel yang perlu diperhitungkan. Lihat saja bagaimana melalui Open Handset Alliance (OHA) ingin menghimpun kekuatan moril dan pasar (tentunya) untuk mulai membangun sebuah menara mercusuar untuk semua piranti bergerak.
Jika kita lihat dan amati dari daftar anggota OHA, Nokia, HP, O2, htc belum menjadi anggotanya. Mungkin mereka berfikir keras untuk hal ini. Bagaimana tidak, nokia sangat kuat sebagai pemegang saham dan vendor untuk Symbian, sedangkan HP, O2 dan htc sangat kuat dengan produk Microsoft Windows Mobile. Sepertinya tahun 2009 ini akan menjadi titik awal bagaimana android, Symbian dan Microsoft Windows Mobile akan saling berebut pasar. Tapi yang perlu dipertimbangkan adalah Android dikembangkan di bawah gerakan Open Source, sedangkan dua lainnya tidak (proprietary). Siap-siap saja untuk migrasi ke Android, walaupun saya percaya jika OHA berhasil dan diterima pasar dengan baik, bom Android akan mulai terasa 2010 nanti. Tapi… tidak ada salahnya jika memang mempelajari Java (J2ME), C++ dan .NET agar kita sendiri bisa bermain di semuanya. Waduh koq rakus amat… yah namanya juga belajar!

One thought on “Tiga rival raksasa di piranti ponsel

  1. Yang saya suka dari google memang produk open sourcenya.. tapi jujur, dari sisi desain produk G1 memang masih dibawah iPhone dan Blackberry..mungkin karena dibuat oleh HTC ya Pak Budsus?

Komentar ditutup.