Mencicipi Garmin Mobile


Saya masih sangat baru dalam hal ber-GPS ria ini. Sampai akhirnya saya berkesempatan untuk mencoba Nokia N78. Saya menilai ponsel satu ini memiliki banyak features yang dapat dicoba dan digunakan dengan harga yang ditawarkan cukup memadai (seharga sekitar 3.325 juta rupiah saat tulisan ini dibuat). Karena memiliki A-GPS, maka kita dapat menggunakan ponsel N78 ini untuk mengetahui posisi kita saat ini, dan juga untuk informasi Location Based System lainnya, seperti tracking dan rute perjalanan (tergantung pada aplikasi dan data peta yang kita gunakan).

Aplikasi Nokia Maps yang dipaket menjadi satu ketika membeli ponsel baru N78 ini sudah sangat baik. Peta Yogyakarta yang disediakan juga cukup baik. Hanya sayangnya layanan ini terbatas 3 bulan, dan memang sebaiknya membayar untuk melanjutkan layanan waktu berikutnya. (semoga saya bisa berlangganan😀 ).

Kemudian saya mencoba beberapa aplikasi lain yang dapat memberikan informasi lokasi kepada kita. Aplikasi yang saya coba antara lain:

  • Google Map. Sudah tersedia versi untuk S60 3rd dengan tampilan dan features yang lebih baik dari versi J2ME sebelumnya. Untuk peta Indonesia, sayangnya tidak tersedia secara detil dan lengkap.
  • TrekBuddy. Aplikasi ini dibuat di atas platform J2ME, yang juga dapat memvisualisasikan posisi kita. Sayangnya peta trekbuddy yang tersedia untuk  Indonesia belum ada. Jika ada waktu kita bisa melakukan ekspor dari Google Map atau yang lain.
  • MGMaps.  Aplikasi ini juga dibuat di atas platform J2ME, dan yang memberikan hal yang berbeda dari aplikasi ini adalah, kita dapat memilih layanan peta yang tersedia, antara lain: yahoo! map, google map, openstreetmap, Windows Live Maps.

Secara khusus aplikasi sejenis yang juga sempat saya coba adalah Garmin Mobile XT (walaupun dengan teknik cracking yang tersedia banyak di beberapa forum ataupun blog — dapat dicari di google). Dari beberapa kali percobaan, saya akhirnya menggunakan tool crack seperti ditulis di http://www.nokiasymbianthemes.com. Yang tersedia di site tersebut adalah versi 4.10.x. Ketika saya coba pasang di N78 tidak dapat jalan, demikian juga versi 4.20.x dan juga versi 5.0020 tidak dapat jalan di N78. Lalu saya coba download Garmin Mobile XT versi 50000, demikian juga Support File dan free Basemapnya. Cara memasangnya juga sedikit butuh otak-atik sedikit:

  • Pasangkan kabel USB ke ponsel dan komputer.
  • Pilih sebagai Mass Storage, agar di komputer Anda dikenal sebuah drive baru untuk storage eksternal ponsel N78.
  • Setelah itu jalankan: GarminMobileXTforSymbianS603rdEdition_50000.exe
  • Lanjut ke GarminMobileXTSupportFiles_4xxxx.exe dan GarminMobileXTSupportFiles_4xxxx.exe
  • Setelah itu dengan tool yang ada kita bisa mendapatkan Card ID berdasar IMEI ponsel kita.
  • Lalu dengan tool kedua kita dapat memasukan Card ID yang kita peroleh dari tool sebelumnya untuk mendapatkan software unlock key. Simpan ke file SW.UNL.
  • Kedua kita harus menghasilkankan unlock untuk map dengan memilih 364 sebagai Map ID. Simpan kode unlock key nya ke file gmapsupp.unl.
  • Ambil peta untuk Indonesia yang tersedia di http://www.navigasi.net/goptd.php atau di beberapa forum.
  • copykan file peta Anda, SW.unl dan gmapsupp.unl ke folder mmc_ponsel_Anda\Garmin

Dari uji coba ini aplikasi Garmin dapat jalan di N78. Akan lebih baik memang jika kita membeli peta dan layanan dari Garmin secara langsung.

Sebagai tambahan saja, ada aplikasi menarik yang mempermudah saya untuk mengelompokkan sms yang ada, yaitu menggunakan Nokia conversation. Silahkan kunjungi: http://www.nokia.com/A4568203. (untuk daftar aplikasi beta lainnya dari Nokia, silahkan cek di http://www.nokia.com/betalabs/applications)

Yang cukup membuat saya tertegun adalah Yahoo! Go dan Mobile Gmail terbaru. Sangat bagus, saya suka. Jadi lebih banyak bermain paket data di ponsel daripada telpon. Tapi sayangnya layanan IM3 untuk paket datanya tidak reliable. Saya tidak tahu apakah karena saya menggunakan layanan pra bayar yang mendapat prioritas berbeda😀.

5 thoughts on “Mencicipi Garmin Mobile

  1. Mas, gimana caranya pake trekbuddy di nokia N78, selama ini saya pake di nokia 6275i dan BB 8110 berhasil tapi untuk N78 belum tahu. Terima kasih.

  2. saya dah 3bln ini pakai garmin XT version 4xxx
    asik banget
    awalnya pasang, memang agak susah ngelock posision
    tapi pas sudah lama jadi gampang
    tapi kok terkadang kita dikasih jalan yang muter” yah
    saya pasang di e71

  3. Mas, dimana tempat dunludnya? Saya g0ogling ga ketemu2. Plis saya butuh bgt c0z n0kia mapnya udah abis trialnya

Komentar ditutup.