AssaultCube 1.0.1


Jika Anda suka dengan permainan Counter Strike, ada permainan serupa bernama Assault Cube yang pernah saya tulis di jurnal saya ini juga. Hari ini karena datang pagi sekali ke kantor, saya mencoba untuk melihat update dari permainan ini. Terakhir ternyata sudah versi 1.0 dengan disediakan update 1.0.1 (yang mengupdate aplikasi, map dan weapon). Apa yang baru ya?

Yang membuat enak lagi adalah aplikasi ini di Linux tidak perlu instalasi, cukup di ekstrak saja file tar.bz2. Setelah diekstrak, saya coba jalankan: server.sh, yang menjalankan server assaultcube dan mencoba koneksi ke masterserver.cubers.net (setahu saya harus tanpa proxy. belum otak atik jika dibelakang proxy). Program/script server tidak ada masalah.

Lalu saya jalankan assaultcube.sh yang menjadi clientnya. Ternyata ada masalah:

.//bin_unix/linux_client: error while loading shared libraries: libopenal.so.1: cannot open shared object file: No such file or directory

Apa penyebabnya? padahal saya sudah memasang openal-0.0.9 (dari repo cvs fedora 9). Lalu saya iseng membuat link dari file libopenal.so.0 di /usr/lib

cd /usr/lib; ln -s libopenal.so.0 libopenal.so.1

saya jalankan kembali, dan bisa.

Pertama saya sudah terkesan dengan suara yang lebih baik (menurut saya daripada versi sebelumnya), dan juga grafik 3D yang juga lebih atraktif. Yang membuat saya lebih suka lagi di versi 1.0.1 ini adalah kita bisa bermain secara  singleplayer sebagai sebuah tim. Pada versi sebelumnya tidak ada pilihan ini. Rasanya bener-bener bermain seperti dengan CounterStrike, tapi ini GPL. Tidak perlu membajak. Asikk…. bermain lagi! Melepas kejenuhan.

Assault Cube 1.0.1

Assault Cube 1.0.1