Memasang Oracle11g


Akhirnya saya memasang juga Oracle 11g di mesin Fedora 9 di notebook saya yang hanya punya RAM 1 GB dengan swap 1.5GB. Petunjuk yang digunakan hampir tidak berubah, yaitu dari Oracle-base site.

Sebelum instalasi, ada paket tambahan yang juga harus dipasang dimana paket-paket ini sebelumnya tidak diperlukan di Oracle 10g:

  • libaio libaio-devel
  • unixODBC-devel
  • sysstat
  • compat-libstdc++

Saat instalasi, Oracle 11g memakan kurang lebih 68% CPU dengan pemakaian RAM kurang lebih 40%. Hanya saja instalasi di mesin saya ini tidak selancar di komputer desktop saya yang sebelumnya juga sudah terpasang Oracle 11g. Penyebabnya selalu bermasalah di bagian eksekusi netca untuk konfigurasi listener-nya.

ORA-12545: Connect failed because target host or object does not exist

Lalu saya cari di forum otn bahkan mencari di metalink. Salah satunya memberi saran untuk tidak menggunakan nama localhost. Oops… koq jadi beda dengan pemasangan Oracle 10g? ok saya coba mengubah /etc/hosts menjadi:

127.0.0.1    budsus.localdomain localhost.localdomain localhost

Saya coba kembali netca. Tetap memberikan error yang sama. Akhirnya saya ganti hostname saya di /etc/sysconfig/network:

HOSTNAME=budsus.localdomain

Setelah diganti, akhirnya netca berhasil di jalankan. Dengan netca kita bisa konfigurasi listener, naming dengan mudah. Setelah itu, saya buat databasenya dengan dbca. Beres juga akhir!

Ketika database Oracle11g berjalan, pemakaian CPU meningkat sampai 80-90% dan pemakaian RAM mencapai 70-80% dengan swap mulai digunakan sebesar 3-6% dari 1.5G.

One thought on “Memasang Oracle11g

Komentar ditutup.