blogisasi di ukdw


Hari ini saya bersama rekan-rekan di fakultas teknik UKDW barengan belajar untuk membuat sebuah jurnal blog yang dihosting di lecturer.ukdw.ac.id. Kebetulan saya menjadi tutornya. Kami menggunakan wordpress 2.7 untuk membuat jurnal pribadi ini.Jadi saya sebut kegiatan ini sebagai sebuah gerakan “blogisasi”.

Ternyata memang pengalaman untuk belajar blog ini bermacam-macam. Ada teman saya dari arsitek, berbagi bagaimana dulu dia memulai blog karena lantaran materi yang diberikan sudah “usang” untuk mahasiswanya, sampai seorang mahasiswanya memberi saran untuk membaca ini, itu, dan sebagainya, yang semuanya telah tersedia secara online. Hal tersebut mendorong teman saya ini untuk secara aktif dan agresif membuat sebuah jurnal online (blog). Ada juga yang karena melihat rekan atau teman yang lain memiliki blog, akhirnya belajar autodidak untuk bisa membuat dan memelihara sebuah blognya.

Luar biasa memang konsep Web 2.0 untuk jurnal pribadi online (blog) ini. Semuanya melekat dengan konsep bersosial, berkolaborasi, berbagi yang pada akhirnya jika dikumpulkan dan di analisis akan menjadi sebuah kumpulan pengetahuan yang luar biasa. Sebuah dunia pengetahuan yang seluruhnya berisi net citizen yanga bersedia membagikan pengetahuannya kepada siapa saja.

Gerakan “blogisasi” ini ternyata tidak dari saya sendiri, beberapa mahasiswa juga melakukan hal yang sama untuk sekolah-sekolah SMA dimana mereka melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengajarkan pentingnya bersosial di dunia maya.

Ketika sudah banyak net citizen yang aktif, tinggal sekarang memikirkan bagaimana menyediakan sebuah layanan yang dapat mengelola dan memproses kumpulan jurnal-jurnal blog tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, yang tidak hanya sekedar sebuah search engine. Apakah ini nantinya yang kita sebut juga sebagai penerapan Web 3.0? ……. (merenung) …..

3 thoughts on “blogisasi di ukdw

  1. setuju Pak … blogisasi memang perlu dilakukan !!! ato perlu disebut blogalisasi ?
    ha32… plesetan dari globalisasi xD

    selain memperkenalkan keasikan dunia internet kepada yang masih melek internet, blog juga membuat seseorang menuahkan kreativitasnya !🙂

  2. Harusnya Pak ada pelatihan terhadap semua elemen pengjara UKDW….
    karena membuat blog itu kebanyakan diketahui dosen berlatar belakang IT kalo tidak dosen yang gape maen kompie…
    pernah aku buatkan template di UKDW untuk mempermudah, juga belum efektif…
    kayaknya yang penting sosialisasinya…
    Aku dukung sebagai alumnimu…

Komentar ditutup.