SpamAssassin


SpamAssassin adalah sebuah daemon (sejenis aplikasi yang berjalan sebagai suatu layanan/service) yang bertindak melakukan pemilahan terhadap email yang kita ambil apakah termasuk spam atau tidak. Saya menggunakan layanan ini sebagai alat bantu saya untuk membuang email-email “sampah” sehingga pekerjaan manajemen email saya menjadi tidak repot.

Menurut hemat saya, hasil yang diberikan oleh SpamAssassin ini luar biasa bagus. Boleh dikata, hampir 95% dia dapat memilah dengan baik. Hasilnya hampir sama dengan yang diberikan oleh GMail untuk pendeteksian spam ini. (Pendeteksi spam milik Yahoo! buruk sekali!)

Untuk pemakaiannyapun tidak terlalu sulit. Kebetulan saya juga menggunakan Thunderbird, dan saya ingin sedikit berbagi saja tentang hal pemakaiannya.

SpamAssassin sudah tersedia hampir diseluruh paket distro Linux, apalagi Fedora yang saya gunakan. Jadi untuk pemasangan SpamAssassin cukup gunakan DVD repository/instalasi distro yang Anda gunakan. Setelah di pasang, saya tidak melakukan konfigurasi apapun, karena sudah ada konfigurasi bawaannya. Kalaupun ingin konfirmasi, tinggal baca man (help) dan ubah konfigurasi filenya (/etc/sysconfig/spamassassin). Sedangkan untuk rekan-rekan yang menggunakan MS Windows, silahkan membaca artikel SpamdOnWindows (1, 2).

Pada Thunderbird, pilih menu Edit > Account Setting, lalu klik item Junk Settings, dan aturlah konfirmasi seperti pada potret tampilan berikut:

spamassassin_thunderbirdMudah bukan? Dengan menggunakan produk-produk OpenSource, secara tidak langsung kita juga mendukung gerakan ini untuk terus maju.

One thought on “SpamAssassin

Komentar ditutup.