Alfresco di Tomcat 6.0.16


Rasanya tenaga ini habis ketika masa-masa kuliah telah dimulai. Banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk teman-teman yang belum sempat saya membalas komentarnya, saya minta maaf. Tapi saat ini saya kangen untuk sedikit menulis dari apa yang sedang saya lakukan saat ini. Disamping harus pegang kelas, semester ini saya melakukan penelitian untuk mengembangan sistem information retrieval dengan topik khusus. Yang jelas pekerjaan ini tidak dapat dilakukan saya sendiri. Arsitekturnya tidak begitu beda jauh dengan lainnya, masih menggunakan Apache Tomcat, Alfresco, JSF, Lucene, Weka dan MySQL😀. Intinya mencari produk-produk yang dapat memberikan keleluasaan dalam bergerak, tanpa dibatasi ketakutan pelanggaran ini dan itu.

Hari ini saya menyelesaikan pemasangan OpenSuse 11.0 di mesin baru. Dengan harga 5.2jt kami mendapat komputer rakitan dengan mother GigaByte, Core 2 Duo ( Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU     E7200  @ 2.53GHz stepping 06 ), RAM 4G, DVD RW, dan HD SATA 320 GByte. Sangat lumayan. Dan setelah diuji coba memang sangat bagus untuk menjalankan aplikasi yang akan kami kembangkan.

Setelah memasang OpenSuse 11.0, saya memutuskan untuk memasang MySQL yang disertakan oleh OpenSuse 11.0 dan memasang Apache Tomcat 6.0.16 yang saya pasang dari paket Netbeans 6.1. Selanjutnya saya mencoba memasang Alfresco versi yang dikeluarkan tahu lalu, yaitu Community Network – v2.1.0 (482). Dasar dari pemasangan ini saya menggunakan dokumentasi dari wiki.alfresco.com. (Download and install Alfresco in Linux dan Install Tomcat6). Berikut beberapa langkah yang saya lakukan :

  1. setelah memasang apache-tomcat di /opt/apache-tomcat-6.0.16, selanjutnya saya lakuk perubahan pada file bin/catalina.sh dengan menambahkan baris berikut :
    JAVA_OPTS="-Xms512m -Xmx1024m -Xss256k -XX:PermSize=128m"
  2. selanjutnya, saya modifikasi file CATALINA_HOME/conf/catalina.properties dan mengubah parameter shared.loader= menjadi :
    shared.loader=${catalina.base}/shared/classes,${catalina.base}/shared/lib/*.jar
  3. selanjutnya, saya menjalankan file db_setup.sql (yang dibawakan dalam satu paket alfresco-community-tomcat-2.1.0.tar.gz) untuk membuat database alfresco dan user account alfresco di mysql:
    mysql -u root <db_setup.sql
  4. setelah selesai, saya jalankan Tomcat:
    $CATALINA_HOME/bin/startup.sh
  5. saya kunjungi http://localhost:8080. kemudian saya masuk ke Tomcat Manager (http://localhost:8080/manager/html), dan saya lakukan deploy alfresco.war.
  6. selama proses deploy tidak ada masalah, dan alfresco dapat di start dengan baik.
  7. Akhirnya alfresco dapat berjalan di atas Tomcat 6.0.16.

4 thoughts on “Alfresco di Tomcat 6.0.16

  1. supaya bisa diakses lewat FTP, tambahin beberapa baris berikut di: /tomcat/webapps/alfresco/WEB-INF/classes/alfresco/file-servers.xml

    cari baris ini:

    lalu tambahkan:

    21
    127.0.0.1
    /

    selamat mencoba…🙂

  2. supaya bisa diakses lewat FTP, tambahin beberapa baris berikut di: /tomcat/webapps/alfresco/WEB-INF/classes/alfresco/file-servers.xml

    cari baris ini:

    //

    lalu tambahkan:

    //
    // 21
    // 127.0.0.1
    // /

    selamat mencoba…🙂

Komentar ditutup.