Avidemux: Linux Video Editing


Karena saya butuh untuk melakukan pengeditan terhadap file video ogv (OGG Video) saya, maka kemudian saya melakukan googling. Hasilnya saya mendapat ada dua aplikasi video editing di Linux, pertama adalah OpenMovieEditor dan kedua adalah Avidemux. Keduanya adalah barang baru buat saya, karena jujur saja baru hari ini saya membutuhkan aplikasi untuk video editing sederhana.

Setelah saya lawat situs OpenMovieEditor, ternyata tidak ada paket untuk Fedora😀, yang ada adalah paket untuk Ubuntu, Slackware, dan OpenSuse serta sourcecode tentu saja (.tar.gz). Sebetulnya bagus sekali aplikasi ini, tapi karena belum ada waktu untuk compile, saya akhirnya pindah haluan mencoba ke avidemux. Avidemux merupakan aplikasi video editing yang juga mudah dan menarik, hanya saja belum bisa membaca format ogg. Untuk fedora, saya tinggal menggunakan aplikasi YUM dengan terlebih dahulu menambahkan repository di /etc/yum.repos.d file dengan nama livna.repo dengan menggunakan perintah:

# rpm -ivh http://rpm.livna.org/livna-release-9.rpm

Setelah itu, kita tinggal lakukan perintah yum berikut:

# yum install avidemux

Sekarang, karena dari aplikasi gtk-recordMyDesktop saya mendapatkan file dengan format .ogv, maka saya perlu melakukan konversi terlebih dahulu ke avi. Silahkan baca catatan kecil saya tentang konversi ini di halaman Yang baru dari Linux buat saya. Dengan mendapatkan file AVI ini, saya tinggal buka di avidemux, lalu saya lakukan editing dengan mudah. Senang sekali dengan aplikasi avidemux ini.

3 thoughts on “Avidemux: Linux Video Editing

  1. Pak e.., sehari nulis blog ping piro??
    RSS ku kedap kedip terus loo.. :p

    Mantap lah..! fedora forever yah!
    hehehe..

Komentar ditutup.