Tips Sederhana untuk mengurangi ketergantungan..


Yang saya maksud dengan ketergantungan di sini adalah dalam kontek aplikasi/program di komputer. Tidak jarang kita mendengar dari rekan kita atau orang lain atau bahkan diri kita sendiri ketika ingin membuka sebuah file dokumen, .doc (format MS Office) misalnya, selalu harus menggunakan Microsoft Office. Ini yang saya sebut sebagai ketergantungan aplikasi. Dalam setiap kondisi ketergantungan ini ada baik dan tidaknya. Tapi dalam kontek Teknonologi Informasi, mestinya kita tidak boleh menggantungkan diri pada satu produk. Ketika kita menggantungkan diri pada satu produk, secara otomatis mau tidak mau membuat diri kita enggan untuk belajar menggunakan produk sejenis yang lain. Katakan saja dengan Microsoft Office dengan OpenOffice atau KOffice atau Google Office atau yang lain.

Saya berangan-angan saja, bagaimana caranya agar kita tidak terjebak dengan ketergantungan ini? Yahh…setidaknya kita kurangi ketergantungan tersebut. Hmm… ini beberapa lontaran wacana yang saya pikirkan tentang hal itu:

  • yang perlu ada dahulu adalah niat atau keinginan untuk ingin tidak tergantung
  • lalu, cobalah pasang program/aplikasi sejenis dengan aplikasi yang membuat kita “tergantung”. Mudahnya, pasang OpenOffice berdampingan dengan MS Office, Photosop dengan GIMP, Yahoo Messenger dengan GAIM, dan sebagainya.
  • gunakan aplikasi yang menurut kita “kedua” tersebut secara lebih rutin. Hal ini tentu membutuhkan pemaksaan dari diri kita sendiri.
  • ketika kita menemukan adanya “bug” dari program “kedua”, janganlah langsung menilai bahwa aplikasi “kedua” tersebut jelek/buruk/tidak sebagus “pertama”.
  • dengan sering menggunakan aplikasi-aplikasi yang beragam, secara otomatis mendidik kita untuk melihat keragaman dan juga (yang saya rasakan) lebih mudah untuk beradaptasi.

Semua aplikasi yang ada pasti ada kelemahan dan keunggulannya, jadi … mari kita belajar untuk menggunakan semua aplikasi yang tersedia (secara legal tentunya), karena itu baik adanya.