Memasang ZK OpenSource Ajax


Satu lagi hasil dari komunitas yang perlu dipertimbangkan adalah ZK, sebuah pustaka Ajax yang sangat komplet baik untuk penanganan antarmuka (tampilan, form, dsb.), web service dan sebagainya. Jika kita dapat menggunakan Spring atau Strut, dengan ZK kita bisa menggabungkannya dengan JSP (melalui JSTL) ataupun JSF. Dari demo yang disediakan sangat menawan hati. Membuat saya sendiri juga melirik produk ini.

Saya mungkin sudah telat tentang produk ini, karena saya sendiri baru masuk ke dunia pemrograman web J2EE kurang lebih baru 1 tahun ini. Saya mencoba untuk memasang ZK ini di atas TOMCAT 6.0.16. Caranya sendiri juga mudah. Berdasar informasi dokumentasi yang disediakan, saya melakukan langkah-langkah berikut:

  1. ekstrak paket apache-tomcat-6.0.12
  2. ekstrak juga paket zk-bin-3.0.6.tar.gz atau zip
  3. lalu copy semua file .jar dari zk-bin-3.0.6/dist/lib, zk-bin-3.0.6/dist/lib/ext dan zk-bin-3.0.6/dist/lib/zkforge ke dalam $CATALINA_HOME/lib
  4. jalankan tomcat
  5. untuk mendapatkan demo, silahkan download zk-demo-3.0.6.zip, lalu ekstrak.
  6. jalankan apache-tomcat manager dari web browser Anda
  7. pada item deploy WAR, silahkan browse dan pilih file zkdemo.war, dan klik deploy.
  8. jika berhasl akan terbuat sebuah context application baru bernama zkdemo.
  9. jika dikunjungi zkdemo, kita akan mendapatkan sejumlah contoh aplikasi AJAX yang dibangun dengan ZK. Menarikkkkk

Untuk pengembangan aplikasi webnya sendiri, kita dapat menggunakan Eclipse (dengan memasang zkstudio eclipse plugin) atau Netbeans.

One thought on “Memasang ZK OpenSource Ajax

  1. ZK ini bagus.., cuman dokumentasi nya poor banget.. Jadi banyak orang ga seneng dengan ZK.. Aku aja baru tau ZK belakangan ini koq, sebelumnya ga tau..😀

Komentar ditutup.