Sinkronisasi Bookmark


Saya percaya bahwa saat ini banyak dari kita sudah mulai merasakan pentingya sentralisasi data. Maksud saya dalam hal ini adalah data-data bookmark, calendar, to do list, contact dan sebagainya. Sentralisasi data membuat kita semakin dipermudah baik untuk penyimpanan maupun untuk pengaksesan kembali, yang secara otomatis juga kita telah melakukan backup terhadap data-data kita.

Melihat kebutuhan itu, satu layanan Internet publik yang menghebohkan yang dapat digunakan untuk mencatat bookmark kita secara terpusat, yaitu del.icio.us. Tapi sekarang banyak bermunculan layanan-layanan serupa. Katakan saja Foxmark, Google Bookmark, Yahoo Bookmark, Opera Link (tersedia pada browser Opera), atau Squidoo. Jika dicoba dilakukan jajak pendapat tentang layanan mana yang paling banyak digunakan, saya percaya del.icio.us masih merupakan layanan bookmark online terfavorit. Setahu saya — mohon koreksi jika salah, semua layanan tersebut merupakan tempat penyimpanan bookmark yang terpusat, dan tidak menyediakan mekanisme sinkronisasi bookmark dengan catatan bookmark di komputer lokal (offline) kita. (untuk Foxmark masih menyediakan mekanisme sinkronisasi, dan Foxmark merupakan add-in Firefox yang memiliki banyak pemakai)

Mozilla Weave mencoba menyediakan layanan backup dan sinkronisasi bookmark dari Firefox lokal kita dengan layanan Mozilla Weave yang terpusat. Anda cukup pasang add-on Mozilla Weave ke firefox lokal, kemudian setelah Firefox direstart, akan dimunculkan sebuah dialog wizard yang membantu kita untuk mensetup weave. Ada beberapa pilihan data apa yang dapat kita backup dan sinkronisasi, selain bookmark, ada browsing history, cookies, saved password, tabs dan saved form data. Setelah Anda melakukan verifikasi Weave account yang dikirim ke email Anda, akan diberikan sebuah alamat webDav untuk Anda.

Satu lagi, jika Anda ingin melakukan sinkronisasi dan backup secara terpusat untuk contact, calendar dari ponsel atau desktop Anda, mungkin dapat dicoba layanan Funambol. Yang ini belum coba, barusan dapat juga.