Memasang Oracle10g XE dan Enterprise


Jika rekan-rekan sebelumnya telah memasang Oracle 10gR2 Enterprise Edition di mesin linuxnya, lalu ingin memasang juga OracleXE di mesin yang sama, ada beberapa hal yang perlu dilakukan kembali setelah pemasangan OracleXE. Karena saya menggunakan Fedora, maka saya menggunakan OracleXE 10g yang sudah dipaket dalam format RPM. Setelah instalasi OracleXE 10g, maka script pemasangannya secara otomatis akan menghapus group oinstall yang mengakibatkan group default user oracle (user untuk Oracle 10gR2) diubah menjadi group ID dirinya sendiri. Hal ini akan mengakibatkan kesalahan eksekusi oracle 10g Enterprise Edition. Jadi yang perlu dilakukan, masuklah ke System > Administration > Users and Groups, lalu buat kembali group oinstall dan masukkan user oracle ke dalam group tersebut, dan jangan lupa jadikan group oinstall sebagai main group untuk user oracle. Setelah dilakukan,  ubah owner dari folder /u01 dan sub direktori kembali ke oracle.oinstall. Itu saja yang perlu dilakukan.

2 thoughts on “Memasang Oracle10g XE dan Enterprise

  1. Mas busdus tolong pencerahan nya untuk cofigurasi oracle-xe di linux,saya sudah install oracle-xe di linux ubuntu 9.04 saya semua configurasi sudah benar
    tapi knpa tidak bisa login di web browser nya,
    padahal nama user & passwd sudah benar & mungkin yg blm bsa saya setting file oracle_env.sh?

    mohon petunjuk & bantuan nya …..

    terimaksih?

Komentar ditutup.