Firefox 3 for Fedora 9


Di awal sekali hari ini, seperti biasa saya melakukan update Fedora 9 Sulphur di notebook saya. Yang saya dapatkan hari ini adalah update Firefox 3. Cepat sekali tim Fedora menyediakan update untuk Firefox 3 ini. Jujur saja, saya memang menunggu update ini, walaupun saya sudah mengunduh Firefox 3 baik untuk Linux maupun Windows. Pada akhirnya, Firefox 3 terpasang aman di Fedora 9. Sebagai informasi saja, sampai dengan bulan Mei 2008, porsi pemakaian web browser Firefox menempati urutan pertama dengan porsi 38%. Sedangkan pemakaian sistem operasi yang digunakan, dapat kita tebak: WinXP memakan porsi 74%, Linux 3.6% dan Mac 4.7%. Berikut data statistik pemakaian web browser yang saya cuplik dari w3schools.com :

Yang mengagumkan dari kegiatan pemecahan record dunia oleh Firefox 3 adalah dari semula target adalah 5 juta download selama 24 jam pertama, ternyata jumlah pengunduh mencapai 8 juta untuk 24 jam pertama sejak di lepaskan ke “masyarakat umum”. Ini membuktikan bahwa Firefox di dukung oleh komunitas yang entah karena gerakan emosional saja ataupun karena memang loyalitas pemakainya. Kondisi ini tidak pernah ditemui untuk produk komersial sejenis, seperti Internet Explorer ataupu Opera. Angka 8 juta ini merupakan angka psikologis juga yang dapat kita artikan sebagai sebuah dukungan moril untuk pengembangan produk OpenSource yang memang terus mengalami perubahan ke arah yang lebih dewasa. Bravo Firefox! Bravo OpenSource!