iPhone 3G


Fenomena iPhone boleh jadi merupakan sebuah kesuksesan besar bagi Apple dan tim pemasarannya, yang tentu saja tidak akan lepas dari dominasi Steve Jobs sebagai kapten yang mengendalikan kapal mesin pencari uang Apple ini.

iPhone 3G yang akan di release 11 Juli dengan bandrol harga US $ 199 ini merupakan salah satu senjata yang sangat ampuh bagi Apple untuk merebut pasar piranti ponsel yang saat ini masih di dominasi Nokia. Tapi sayangnya pemasaran dan penjualan langsung iPhone 3G ini tidak masuk ke Indonesia. Saya tidak tahu alasannya, padahal kalau kita ingat Nokia hampir dari setiap produknya “menyasar” Indonesia sebagai pasar yang cukup diperhitungkan.

Bisa jadi, dengan munculnya iPhone 3G yang penuh dengan kemampuan (internet, gps, ipod, telephone, touch screen) dan harga yang cukup menggiurkan ini akan menggeser prosentase perebutan pangsa pasar penjualan piranti ponsel 3G. Saya membayangkan, seandainya hal tersebut terjadi, Symbian OS akan tergeser oleh iPhone SDK (dan mungkin juga Google Android). Tapi nanti dulu … Symbian juga akan merelease Symbian S60 touch screen… Kita lihat saja nanti… tidak perlu bingung…Indonesia khan hanya pemakai saja … termasuk saya he..he..he..