Bahasa Pemrograman yang mana?


Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang saya percaya juga menjadi pertanyaan, pergumulan, atau mungkin juga perdebatan bagi rekan-rekan programmer ataupun IT Solution provider (istilah keren lainnya dari software house). Bagaimana tidak, ketika kita, bahkan saya sendiri, ditanya oleh seseorang yang baru masuk ke dunia programming komputer tentang bahasa pemrograman apa yang paling baik, maka jawaban yang mungkin muncul pertama adalah bahasa pemrograman yang kita sendiri kuasai. Jawaban akan pertanyaan ini seringkali sangat subyektif tergantung dari pendapat kita masing-masing.

Tapi sekarang yang memang perlu untuk kita cermati adalah bahasa pemrograman apa yang memang sudah diterima dan dipercaya sebagai bahasa pemrograman yang menyediakan segala hal yang mendukung pengembangan sistem berbasis komputer (ingat…ponsel, atau game console sendiri sekarang sudah dapat kita katakan sebagai komputer) lebih baik. Saya membayangkan sama seperti ketika kita memilih bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan yang paling dapat diterima oleh orang banyak (maksud saya dunia internasional, yang mungkin dapat kita lanjutkan dengan bahasa-bahasa lainnya).Sehingga, menurut pendapat saya sendiri ketika kita diminta memilih bahasa pemrograman apa yang terbaik atau yang dapat diterima dan dibutuhkan oleh dunia Internasional, jawabannya adalah kita harus mengikuti perkembangan yang ada. Salah satunya dapat kita lihat dari index bahasa pemrograman yang dikeluarkan oleh TIOBE.com.

Index Bahasa Pemrograman

Terkadang saya sendiri terjebak untuk merendahkan bahasa pemrograman lain yang sebenarnya hanya dari pendapat saya pribadi. Tapi betul memang, pada akhirnya harus di sadari bahwa pemakaian bahasa pemrograman yang terbaik itu sendiri tergantung pada pribadi-pribadi programmer. Tapi perlu diingat, bahwa dalam suatu organisasi TI, orang yang terlibat tidak hanya satu atau dua saja, tapi banyak, dan masing-masing memiliki pendapat yang berbeda. Dan sekali lagi, sebagai penyedia layanan TI, tentunya kita harus melihat kebutuhan dari client, yang walaupun seringkali kita kembali lagi pada penilaian subyekti kita lagi ketika kita diminta untuk memilih bahasa pemrograman apa yang baik untuk pengembangan sistem tersebut. Bagaimana pendapat rekan-rekan sendiri?

2 thoughts on “Bahasa Pemrograman yang mana?

  1. Wew.., who cares pak? Semakin lama kan orang semakin dibodohin sama tetangga sebelah..

    Java is the best lah pokoknya!!:)

  2. bahasa pemrograman itu akan terus berkembang, yang penting kita menguasai konsepnya jadi untuk bahasa pemrograman apa aja kita akan mudah mempelajarinya.

Komentar ditutup.