Cara Mudah Menandatangani Email


Hari ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya agar kita dapat menandatangani (signature) email yang akan kita kirimkan dari Thunderbird (karena saya menggunakan hanya satu ini). Dalam proses penandatanganan elektronik pada email yang akan kita kirim, kita harus memiliki apa yang disebut sertifiat. Sebuah sertifikat lebih baik dikeluarkan oleh sebuah CA (certification authority) yang terakreditasi dan terpercaya. Setahu saya ada dua CA yang sangat terkenal, yaitu Thawte dan VeriSign. Untuk daftar selengkapnya yang didukung dalam Firefox (Mozilla) dapat dilihat di sesumber Mozilla. Saya memilih layanan pembuatan sertifikat Free Personal Email Certificate yang dikeluarkan oleh Thawte.

Setelah mengikuti proses registrasi, kemudian saya lakukan proses pengambilan sertifikat dengan memilih menu certificates > view certificate status dari halaman yang kita peroleh setelah kita login untuk layanan Free  Personal Email Certificate. Kemudian klik pada link Navigator dari sertifikat yang sudah dibuatkan. Dari halaman informasi detil sertifikat tersebut, klik tombol fetch. Secara otomatis sertifikat kita sudah didaftar dalam Certificates pada Firefox. Untuk melihat sertifikat kita pada Firefox, pilih menu Tools > Preferences (pada Windows) atau Edit > Preferences (pada Unix/Linux). Pada dialog Preferences, pilih tab Adavances > Encryption, lalu klik tombol View Certificate. Pada tab Your Certificates sudah tercatat sertifikate kita. Klik tombol Backup. Ikuti langkah yang ada. Hasil akhirnya kita akan mendapatkan sebuah file backup sertifikat kita dengan format baku X.509.

Jalankan Thunderbird, dan pilih Edit > Account Settings. Pada item Security terhadap email account kita, pilihlah file backup sertifikat yang sudah tersimpan pada item Digital Signing dan Encryption. Beri tanda cek pada item Digitally Sign Message dan Never untuk Default encryption setting when sending messages:.

Demikianlah cara sederhana agar kita dapat menandatangani email kita. Semoga bermanfaat.