Google Site yang menawan


Jujur saja, saya selalu tertawan dengan inovasi-inovasi yang luar biasa dari Google. Hari ini saya mencoba menggunakan layanan baru yaitu Google Site. Sebelumnya untuk dapat menggunakan layanan ini, kita harus memiliki domain terlebih dahulu dengan tujuan agar kita dapat menggunakan layanan Google Site dengan domain kita sendiri. Sekarang, sebagai bagian dari Google Application, kita dapat menggunakan layanan Google Site tanpa harus memiliki domain sendiri. Nama site yang tersedia nantinya adalah http://sites.google.com/site/namasiteAnda dengan panjang nama site antara 6 – 30. Ditilik dari skema sederhana yang dipertunjukkan, dengan Google Site ini kita dapat menggunakannya untuk kolaborasi dengan teman-teman kita yang lain untuk bersama-sama mengisi atau mengerjakan suatu proyek. Selain itu kita juga dapat mengontrol siapa saja yang boleh melihat ataupun mengedit.

Saya sendiri mencoba dengan membuat sebuah site yang bernama oreldb, yang nantinya akan berisi informasi tentang aplikasi yang dapat membantu siapa saja yang sedang atau ingin belajar tentang penerapan oracle object relational database.

Selain itu, jika kita ingin memiliki sebuah web site pribadi, yang artinya kita atur seorang sendiri, kita dapat menggunakan layanan Google Page Creator. Layanan web site pribadi ini sangat-sangat mudah, baik dalam pengaturan ataupun pembuatan halaman-halamannya. Selain itu tersedia banyak sekali widget yang dapat kita pasang di web site pribadi kita. Berikut contoh tampilan dari Google page milik saya yang dibuat beberapa waktu silam:

Semoga layanan Google ini menginspirasi rekan-rekan semua.

One thought on “Google Site yang menawan

Komentar ditutup.