Mendefinisikan Web 2.0 Indonesia…


Untuk memulai pengembangan sesuatu alangkah baiknya jika dimulai dengan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhannya. Termasuk juga aplikasi web 2.0 untuk Indonesia. Ada beberapa hal yang perlu kita diskusikan:

  1. bentuk aplikasi web 2.0 seperti apa yang dapat dikembangkan di Indonesia? sebetulnya kita dapat mengembangkan sendiri aplikasi web 2.0 mengikuti bentuk kultur sosial masyarakat negara kita ini. Sebagai contoh: aplikasi “jejaring pertemanan” mungkin bisa didefinisikan lebih detail lagi. Saya memiliki ide untuk membangun jejaring alumni dari seluruh sekolah atau PT di Indonesia, dan masih terus saya godok, terutama memikirkan bentuk representasi pengetahuannya (karena web 2.0 salah satu komponennya adalah itu).
  2. apakah mungkin kita mendefinisikan representasi pengetahuan di beberapa bidang yang dapat digunakan dalam aplikasi web 2.0 di masing-masing bidang tersebut? Ambil contoh sederhana adalah aplikasi Health 2.0 yang melibatkan pengetahuan banyak pihak dan juga jejaring antar dokter, rumah sakit, pasien, farmasi, praktisi bidang kesehatan lain dan masyarakat umum. Sangat perlu untuk didefinisikan kebutuhan-kebutuhan pengetahuan yang dapat di bagi bersama-sama.

😀 Semoga tidak membuat bingung. Hanya ide saja…

2 thoughts on “Mendefinisikan Web 2.0 Indonesia…

  1. Sekarang ini saya sedang membimbing mahasiswa saya untuk mencoba menerapkan FoF untuk membentuk matrix social network dasar berdasar data alumni dan masukan dari para alumni sendiri. Semoga selesai😀

Komentar ditutup.