Mencoba Belajar ERP


Ada hal menarik yang menurut hemat saya dapat dilakukan bagi orang-orang TI dalam hal penerapan suatu produk ERP. Peran tersebut antara lain: mengembangkan sendiri sistem ERP dalam negeri (from scratch), atau menerapkan dan atau memodifikasi dari produk ERP yang sudah ada (istilah kerennya adalah customize).

Dari beberapa produk ERP yang saya kenal, antara lain mySAP, Oracle Financial (keduanya proprietary product), ADempiere, atau Openbravo (keduanya opensource), untuk produk ERP OpenSource lebih cocok memang digunakan untuk lingkungan UKM atau SME, sedangkan untuk ERP proprietary lebih disukai oleh perusahaan-perusahaan yang besar. Dari kedua kelompok produk ERP tersebut, bagi saya pribadi dalam proses pembelajaran penerapan ERP, saya lebih cenderung menyukai produk ERP OpenSource, karena saya dapat mengeksplorasi lebih leluasa dan arsitektur yang digunakan masih dapat saya tangkap, tanpa perlu kursus😀. Mungkin bagi rekan-rekan yang ingin terjun ke ERP, mungkin dapat mencoba cara ini, yaitu dengan memulai dari sistem ERP yang tidak begitu besar. Dan satu hal lagi, sebelum memulai mencoba menggunakan produk ERP, alangkah baiknya jika belajar terlebih dahulu tentang Akuntansi (mulai saja dengan Akuntansi Keuangan), proses produksi, proses procurement, proses penjualan, inventori dan workflow lainnya yang terkait dengan kontrol dan aliran keuangan dalam suatu bisnis. Dalam hal ini memang harus bekerja sama dengan orang Akuntansi.

Karena ujung-ujungnya aliran informasi dan kontrol (workflow) bermuara pada general ledger (akuntansi), maka tentunya dibutuhkan orang yang mengerti betul tentang akuntansi dan sistem keuangan dari perusahaan yang akan atau sedang menggunakan produk ERP. Menurut saya sangat sulit bagi orang non Akuntansi untuk dapat berperan di dalam bagian ini, harus orang Akuntan.

Dengan demikian, menurut saya pembagian peran menjadi jelas antara orang Akuntansi dan TI (atau lainnya) dalam hal penerapan ERP dalam suatu perusahaan. Dengan kata lain, keduanya harus ada dan saling bekerja sama untuk dapat menerapkan ERP pada sistem organisasi atau perusahaan.

3 thoughts on “Mencoba Belajar ERP

Komentar ditutup.