Fedoraku fresh…


Seminggu setelah di release, akhirnya saya putuskan juga untuk melakukan fresh install Fedora 9 di komputer saya. Backup email, database, dokumen saya lakukan. Proses instalasi dari CD pun dimulai. Seperti halnya instalasi Windows, instalasi distro Fedora 9 juga sangat mudah (The Perfect Desktop – Fedora 9). Untuk lebih memudahkan saya, saya menggunakan arahan yang ditulis oleh my-guides.net.

Setelah selesai instalasi, saya mencoba melakukan instalasi Netbeans 6.1 dengan kondisi saya mengaktifkan gnome-compiz dan menggunakan jdk 1.5_12 dari sun. Ternyata gagal! Selidik punya selidik, pada paket Fedora 9 ini sudah disertakan OpenJDK. Saya pasang OpenJDK, akhirnya instalasi Netbeans 6.1 berjalan lancar.

Tambahan lain yang saya lakukan adalah memasang Avant Window Navigator (yum install avant-window-navigator awn-extras-applets). Yang menarik dari versi awn 0.2.6.8 ini adalah adanya applet yang memberikan daya tarik luar biasa. Salah satunya yang menarik saya adalah applet stack yang mirip seperti Mac Panther.

Untuk lingkungan pemrograman baru, saya menambah gambas2 yang memberikan lingkungan ide yang lebih atraktif dan menarik seperti halnya VB 6. Alasan utama bagi saya sendiri mengapa menggunakan gambas sebagai alternatif pemrograman di lingkungan linux adalah karena saya dahulu programmer VB6😀 . Gambas memberikan kemudahan yang serupa bagi saya untuk mengembangkan program di lingkungan linux. Sangat menarik. Saat ini saya masih belum tertarik untuk menggunakan mono, salah satu alasannya adalah mono masih belum stabil dan masih lambat. Tapi siapa tahu suatu saat akan menarik, karena saya juga sedang belajar menggunakan VB .NET😀, selain java sebagai bahasa pemrograman utama saya.

Ada lagi yang menjadi perhatian saya adalah ketika memasang VMWare Player 2.0.3 di FC9. Ketika saya berada di FC8, dengan menggunakan patches 1.1.6 tidak ada masalah karena waktu itu kernel yang ada 2.6.24.x-x. Begitu di FC9, kernel terbaru yang saya dapat adalah 2.6.25.3. Menurut forum VMWare saya harus harus mengunduh patches 1.1.7 (silahkan download), lalu menjalankan script yang tersedia runme.pl. Setelah selesai, semuanya lancar saja.

9 thoughts on “Fedoraku fresh…

  1. Halo Pak Budi, saya baru coba2 pakai gambas juga. Untuk buat report di gambas pakai apa ya pak? (teguh 22012783, sudah mulai ketularan pakai linux –> Ubuntu 8.04, gambas2, mysql 5)
    🙂

    • Alasan utama dan paling umum adalah saya menggunakan Linux sejak RedHat 6, sampai kemudian menjadi Fedora Core lalu Fedora. Jadi memang distro ini adalah jalur saya. Alasan lainnya adalah Fedora digunakan pada paket RedHat Enterprise yang setahu saya juga banyak digunakan di perusahaan komersial, dan yang kita tahu juga bahwa Oracle Enterprise Linux mengadopsi dari paket RHE tersebut. Selain SuSe, Fedora merupakan distro yang saya gunakan untuk berbagai macam kebutuhan untuk Linux.

Komentar ditutup.