Pendidikan Sejarah TI


Kadang kala kita membutuhkan cerita-cerita sejarah yang dapat membantu kita untuk memahami perjalanan waktu, latar belakang terjadinya hari ini, memahami ide dasar dari para penciptanya, dan sebagainya. Intinya sejarah menjadi sebuah komponen penting untuk memberi kita inspirasi dan stimulan untuk membangkitkan ide-ide lainnya. Namun sayang sejarah ini sering kali dilewatkan dan dilupakan oleh kita yang hidup di saaat ini.

Salah satu sejarah yang menurut saya sangat penting untuk diketahui dan dipahami oleh para profesional TI di manapun saat ini berada adalah sejarah perkembangan dari teknologi informasi itu sendiri. Saya baru menyadari setelah membaca setidaknya 3 buku “penting” bagi saya untuk mendukung pendapat saya tentang pentingnya sejarah TI untuk kaum TI sekalian. Buku tersebut adalah “The World is Flat“, “The Google History“, “The Search“. Ketiga buku ini luar biasa, dan ketiganya menjadi favorit saya. Banyak hal yang terungkap yang baru saya ketahui betapa kecilnya pengetahuan saya tentang TI, dan dengan sejarah ini menggunggah saya juga untuk terus belajar.

Saya berfikir, apakah perlu diadakan matakuliah khusus tentang sejarah TI? Tentunya untuk mahasiswa di tingkat 5 ke atas. Setidaknya dengan matakuliah ini dapat mendorong atau memberikan stimulan kepada para mahasiswa untuk menemukan ide-ide enterpreneurship di bidang IT yang sebetulnya dimulai dengan hal-hal yang sederhana.

One thought on “Pendidikan Sejarah TI

Komentar ditutup.